UMM Institutional Repository

STUDI EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PADA KARYAWAN MALL OLYMPIC GARDEN

SETIAWAN, HENDRA (2011) STUDI EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PADA KARYAWAN MALL OLYMPIC GARDEN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hendraseti-20959-PENDAHUL-N.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Komunikasi dalam kehidupan sangatlah penting, karena setiap hari kita berkomunikasi dengan orang lain. Begitu juga dalam sebuah organisasi di perusahaan, tentunya menjadi hal yang sangat dibutuhkan, karena berhubungan dengan informasi dan perintah-perintah secara langsung maupun tidak langsung. Tetapi apakah komunikasi kita bisa diterima dengan baik oleh pengirim pesan dan dilaksanakan dengan baik apabila itu sebuah perintah. Tentunya efektivitas komunikasi tidak terlepas dari pihak pengirim pesan dan penerima pesan. Efektivitas komunikasi adalah ketepatan seseorang dalam menggunakan media dalam berkomunikasi atau yang bersifat komunikasi verbal. Komunikator harus tahu siapa yang dijadikan sasaran dan tanggapan apa yang diinginkan. Efektifitas komunikasi diukur dari adanya keterbukaan antara pihak yang melakukan komunikasi, saling mendukung antara pihak yang melakukan komunikasi, bersikap positif, saling memahami antara pihak yang saling melakukan komunikasi, kesetaraan antara pihak yang melakukan komunikasi. Komunikator harus pandai dalam berkomunikasi, pemilihan media atau saluran yang digunakan untuk menunjang komunikasi menjadi efektif. Kesalahpahaman dalam berkomunikasi menjadi hal yang sering kali terjadi, sehingga dapat membuat perdebatan dan kesalahan dalam mengerti dan memahami suatu pesan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sedangkan populasinya dan sampel adalah 75 orang karyawan pada bagian kantor. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik total sampling dan cara pengumpulan data dengan menggunakan skala. Indeks validitas untuk skala efektivitas komunikasi dilihat per indikator, pada indikator pemahaman 0,446-0,632, indikator kesenangan 0,532-0,575, indikator pengaruh pada sikap 0,325-0,780, indikator hubungan yang semakin baik 0,327-0,692, indikator tindakan 0,320-0,762. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach adalah nilai Alpha untuk skala efektivitas komunikasi adalah 0,929-0,600. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat efektivitas komunikasi pada karyawan Mall Olympic Garden rendah dengan 56%. Sedangkan jika dilihat per indikator, indikator pemahaman 53,3% dengan kategori rendah, kesenangan 53,3% dengan kategori tinggi, pengaaruh pada sikap 53,3% dengan kategori rendah, hubungan yang semakin baik 52% dengan kategori tinggi, dan tindakan 53,3% dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:29
Last Modified: 13 Jun 2016 06:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31886

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo