UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN TERHADAP E-RITEL DENGAN INTENSI MEMBELI PADA REMAJA

MAHENDRINA, JALESVINA ANGGA NUR (2011) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN TERHADAP E-RITEL DENGAN INTENSI MEMBELI PADA REMAJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-jalesvinaa-20960-PENDAHUL-N.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat baik untuk keperluan pendidikan, pengetahuan, bisnis, jaringan sosial dan lain sebagainya, Salah satu bisnis yang menggunakan teknologi informasi adalah E-Ritel. E-Ritel dianggap cukup efektif dan efisien karena transaksi yang dilakukan cukup praktis karena pembeli cukup melihat produk kemudian barang dapat dipesan tanpa perlu datang, sedangkan dalam proses pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank. Transaksi demikian yang banyak disukai oleh remaja saat ini selain praktis, produk yang ditawarkan selalu update. Namun transaksi melalui e-ritel memiliki potensi resiko yang cukup tinggi. Oleh karena itu kepercayaan (trust) konsumen terhadap vendor e-ritel menjadi faktor kunci dalam pembelian melalui e-ritel. Indonesia sebagai negara sedang berkembang dan baru sekitar lima tahun terakhir mengadopsi e-ritel, tentunya memiliki beberapa perbedaan dengan negara-negara maju yang telah lama mempraktikkannya. Perbedaan tersebut setidaknya menyangkut masalah regulasi, perangkat hukum, dan perilaku konsumen. Berkaitan dengan praktek e-ritel di Indonesia yang relatif masih baru tersebut, fenomena yang menarik untuk diteliti adalah apakah ada hubungan antara kepercayaan (trust) terhadap e-ritel dengan intensi membeli pada remaja. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan terhadap e-ritel dengan intense membeli pada remaja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja dengan rentangan usia antara 18-21 tahun dan pernah membeli melalui E-Ritel. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 124 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepercayaan terhadap e-ritel dengan intensi membeli pada remaja. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) = 0,697 dan sig (p) = 0,000. Jadi, semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap e-ritel maka semakin tinggi intensi membeli pada remaja, dan bila kepercayaan konsumen terhadap e-ritel rendah maka intensi membelinya juga rendah. Adapun koefisien determinan variabel (r2) kepercayaan terhadap e-ritel dengan intensi membeli pada remaja adalah sebesar 0,486. Dengan demikian, sumbangan efektif kepercayaan terhadap e-ritel dengan intensi membeli pada remaja sebesar 48,6%, sedangkan sisanya 51,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dan diduga dapat mempengaruhi intensi membeli pada remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:27
Last Modified: 13 Jun 2016 06:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31885

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo