UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KEMATANGAN KARIR MAHASISWA YANG BEKERJA PART TIME DENGAN MAHASISWA YANG TIDAK BEKERJA PART TIME

Radian W, Anton (2011) PERBEDAAN KEMATANGAN KARIR MAHASISWA YANG BEKERJA PART TIME DENGAN MAHASISWA YANG TIDAK BEKERJA PART TIME. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-antonradia-21215-Pendahul-n.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-antonradia-21215-BAB+I.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Pada usia 18-25 tahun merupakan tahapan usia awal individu dapat mengambil keputusan terhadap karir yang akan dijalaninya. Kematangan karir merupakan salah satu aspek penting bagi mahasiswa dalam rangka menghadapi dunia kerja setelah menempuh perkuliahan. Terkait dengan kematangan karir tersebut maka definisi dari kematangan karir sebagai keberhasilan seseorang menyelesaikan tugas-tugas perkembangan karir yang khas pada tahap perkembangan tertentu. Definisi ini menunjukkan bahwa kematangan karir berkaitan dengan tugas perkembangan karir pada tiap-tiap tahap perkembangan karir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi yaitu mahasiswa yang bekerja part time dan mahasiswa yang tidak bekerja part time, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Sedangkan, metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, yaitu skala sikap dan skala kompetensi yang dikembangkan oleh John E. Crites, Ph.D. dan diadaptasi ke dalam budaya Indonesia oleh Ni Made Taganing, dkk. (2006). Untuk metode analisa data yang digunakan, yaitu dengan teknik uji-t (t-Test) yang dibantu dengan program komputer SPSS 15. Dari analisa data yang telah dilakukan terhadap 50 responden, dengan menggunakan perhitungan t-Test diperoleh adanya perbedaan kematangan karir antara mahasiswa yang bekerja part time dengan mahasiswa yang tidak bekerja part time, dengan taraf signifikansi sebesar 5%, yang mana dalam hal tersebut menggambarkan bahwa mahasiswa bekerja part time memiliki kematangan karir yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak bekerja part time dengan mean pada mahasiswa yang bekerja part time sebesar 50,72 dan mean pada mahasiswa yang tidak bekerja part time sebesar 45,08.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:13
Last Modified: 13 Jun 2016 02:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31843

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo