UMM Institutional Repository

STUDI TENTANG MOTIVASI PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN REMAJA

HANDAYANI, MARLIANA (2011) STUDI TENTANG MOTIVASI PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN REMAJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memasuki abad ke-21, internet terasa semakin populer. Hal ini terutama karena pengaruh internet yang telah memungkinkan lahirnya suatu peradaban baru dalam kehidupan sosial masyarakat dunia. Di kalangan remaja, mereka tidak asing lagi dengan istilah cakupan internet, seperti e-mail, browsing, chatting, website, blog dan sebagainya. Karena itu, internet sudah bukan lagi barang yang asing. Setiap saat mereka dapat mengakses karena bermunculan warnet (warung internet) yang menyediakan jasa pelayanan akses internet. Hal ini merupakan perkembangan yang menggembirakan karena mereka dapat memperoleh informasi untuk memperluas wawasan dalam berbagai bidang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah remaja pengguna internet yang berada di daerah kota Malang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tehnik insidental sampling, berjumlah 100 remaja. Metode pengumpul data adalah angket. Sedangkan metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis persentase. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa remaja mengakses internet untuk mendapatkan informasi tentang teman sebanyak 80 orang sedangkan 17 orang tidak, untuk bercanda dengan teman melalui dunia maya sebanyak 63 orang sedangkan 27 orang tidak untuk bercanda. Sebanyak 60 orang tidak hanya menggunakan akses internet untuk berkomunikasi dengan orang lain, tetapi juga menggunakan fasilitas sms melalui hp, 34 remaja menyatakan internet sarana untuk berkomunikasi, untuk dapat bertukar pendapat dengan teman sebanyak 65 orang, namun ada 33 orang remaja mengakses internet tidak untuk bertukar pendapat. Enam puluh lima remaja mengakses facebook untuk berbagi rasa, pengetahuan dan pengalaman, namun ada 31 remaja tidak untuk berbagi rasa, pengetahuan dan pengalaman. Lima puluh empat remaja mengakses internet tidak untuk keperluan sosialisasi dan interaksi. Lima puluh remaja merasa aman bersosialisasi dengan teman sedangkan 42 remaja merasa tidak aman, untuk mencari bahan tugas sekolah ataupun kuliah sebanyak 82 orang sedangkan 13 remaja tidak untuk mencari bahan ataupun tugas sekolah, untuk mencari bahan tugas sekolah atau kuliah sehingga mereka bisa mengerjakan di rumah sebanyak 67 orang, 28 remaja tetap merasa khawatir tidak bisa mengerjakan tugas di rumah, delapan puluh enam orang untuk mencari teman dengan orang-orang di seluruh dunia karena merasa bangga, 55 remaja tidak untuk mengharapkan penghargaan dari orang lain, tetapi ada 37 orang yang mengharapkan penghargaan dari orang lain. Lima puluh remaja merasa bangga bisa mengakses internet sedangkan 48 remaja tidak merasa bangga, untuk menunjukkan kemampuannya pada orang lain atau temannya sebanyak 70 orang sedangkan 26 remaja tidak untuk menunjukkan kemampuan mereka. Lima puluh dua orang untuk mengembangkan keterampilan atau skill sedangkan 47 orang tidak untuk mengembangkan skill.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 10 Jun 2016 08:22
Last Modified: 10 Jun 2016 08:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31834

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo