Innovation integration of Islamic values in learning environmental themes in biology education

Husamah, H. and Suwono, Hadi and Nur, Hadi and Dharmawan, Agus (2022) Innovation integration of Islamic values in learning environmental themes in biology education. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8 (1). pp. 1-19. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873

[thumbnail of Husamah Suwono Nur Dharmawan - Muhammadiyah Values STAD-PjBL Environmental Biology Education.pdf]
Preview
Text
Husamah Suwono Nur Dharmawan - Muhammadiyah Values STAD-PjBL Environmental Biology Education.pdf

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of Similiarity - Husamah Suwono Nur Dharmawan - Muhammadiyah Values STAD-PjBL Environmental Biology Education.pdf]
Preview
Text
Similiarity - Husamah Suwono Nur Dharmawan - Muhammadiyah Values STAD-PjBL Environmental Biology Education.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan menganalisis inovasi integrasi nilai-nilai Islam (Islamic Values) dalam pembelajaran tema lingkungan di Prodi Pendidikan Biologi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
Penelitian ini merupakan library research. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Berdasarkan tekniknya, jenis data menggunakan data sekunder. Untuk
menguatkan keabsahan data, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik tringulasi sumber. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, untuk menghasilkan data yang bisa dideskripsikan melalui hasil perilaku dan kalimat yang diamati oleh peneliti. Dalam analisis data model interaktif yang digunakan adalah content analysis. Adapun visualisasi data, khususnya terkait referensi dan kata kunci yang sering muncul, menggunakan software VOSviewer. Berdasarkan hasil ditemukan bahwa terdapat 17 rumusan nilai penting dan urgensi AIK serta terdapat 12 rumusan nilai AIK dan integrasinya dalam pembelajaran tema lingkungan. Hal ini berarti bahwa AIK perlu di integrasikan dalan pembelajaran tema lingkungan di Program Studi Pendidikan Biologi di Perguruan Tinggi Muhamadiyah. Sejalan dengan itu maka diperlukan model pembelajaran. Model pembelajaran yang memungkinkan digunakan adalah integrasi Cooperative Learning type STAD dan Project-Based Learning

Item Type: Article
Keywords: Al-Islam dan Kemuhammadiyahan; STAD-PjBL; Lingkungan; Pendidikan Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: usya_bio Husamah, S.Pd
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:07
Last Modified: 24 Jan 2024 04:07
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item
View Item