UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 BATU

AMELIA, RIZKI ESTU (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkiestua-40096-1-pendahul-n.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkiestua-40096-2-babi.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam upaya menerapkan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio. Model pembelajaran yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 2 Batu selama ini masih menggunakan model pembelajaran klasikal yaitu lebih banyak ceramah, sehingga siswa menjadi kurang aktif. Khususnya pada pelajaran matematika yang pembelajarannya masih bernuansa tradisional dengan siswa dituntut untuk menghafal rumus-rumus. Sedangkan pada penilaiannya masih menekankan pada apek kognitif, dengan sedikit psikomotor dan hampir tidak disentuh penilaian afektif. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru matematika kelas VIII A hanya sedikit siswa yang aktif dan hasil belajar pada prosentase 56, 25. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui aktifitas siswa selama pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio pada mata pelajaran matematika SMP Muhammadiyah 2 Batu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini akan mendeskripsikan dari hasil data yang berupa numerik. Setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio ini dapat meningkatkan semua aspek aktivitas siswa pada setiap pertemuan, khususnya pada aspek memperhatikan penjelasan guru pada rata-rata 2,45 yang tergolong kategori baik. Pada penerapan ini tidak hanya meningkatkan aktivitas siswa saja tetapi meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada prosentase 88,24.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 28 Mar 2016 10:44
Last Modified: 28 Mar 2016 10:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22920

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - e-Theses : https://etd.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo