PURWONINGTIYAS, ARI (2015) PENGELOLAAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA DI SDN TEMAS 02 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-aripurwoni-39061-2-babi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-aripurwoni-39061-1-pendahul-n.pdf Download (750kB) | Preview |
Abstract
Pengelolaan administrasi sarana dan prasarana adalah kegiatan pengelolaan yang dilakukan oleh sekolah dalam upaya menunjang seluruh kegiatan baik kegiatan pembelajaran maupun kegiatan lain sehingga seluruh kegiatan berjalan dengan lancar. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Temas 02 Batu pada tanggal 14 April 2014 masih belum sesuai dengan standar yang di tetapkan pemerintah. Oleh sebab itu peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk Mendeskripsikan pengelolaan administrasi sarana dan prasarana, Mengetahui hambatan-hambatan yang dialami sekolah dalam pengelolaan administrasi sarana dan prasarana, Mengatasi hambatan beserta memberikan solusi tersebut. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dasar Pengelolaan Administrasi Sarana dan Prasarana adalah telah dilaksanakan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan No. 19 Tahun 2005 dan Permendiknas No. 24 Tahun 2007, diantaranya adalah (a) Perencanaan dilakukan sesuai dengan kebutuhan, (b) pengadaan sarana prasarana dilakukan dengan mengupayakan agar tidak terjadi pemborosan dana, (c) inventaris alat-alat tulis kantor dibukukan mulai dari pembelian alat-alat kantor, proses pembelajaran sampai penggunaannya, (d) Penyimpanan sarana dan prasarana disimpan sesuai dengan tempatnya, (e) Penataan sarana dan prasarana dilakukan dengan rapi dan tertib, (f) Penggunaan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya masing-masing seefektif dan seefisien mungkin,(g) Pemeliharaan sarana dan prasarana bersifat berkala dan dilaksanakan dengan melihat kondisi atau incidental, (h) Penghapusan dilakukan supaya tidak terjadi penumpukan barang yang sudah tidak bisa digunakan. (2) Hambatan yang dialami sekolah adalah keterbatasan media pembelajaran, keterbatasan dana, keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan tempat penyimpanan, keterbatasan kerja sama dengan komite sekolah. (3) Usaha sekolah dalam mengatasi hambatan adalah dengan: memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak, menerapkan falsafah berat sama dipikul ringan sama dijinjing, menjalin kerja sama antara guru dan karyawan, berkordinasi dengan Diknas, Pemerintahan kota Batu kerjasama dengan Komite Sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | infopus Informasi Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 06:46 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 06:46 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |