SUBANGKIT, ROHMAT (2015) PENERAPAN MEDIA POSTER ANGGOTA KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MATERI MENGENAL ANGGOTA KELUARGA PADA SISWA KELAS 1 SDN TLOGOMAS 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-rohmatsuba-39067-2-babi.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-rohmatsuba-39067-1-pendahul-n.pdf Download (554kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul “Penerapan Media Poster Anggota Keluarga Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Materi Mengenal Anggota Keluarga Pada Siswa Kelas 1 SDN Tlogomas 1 Malang”, ini bertujuan untuk 1) Mendiskripsikan penerapan media poster anggota keluarga dalam pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada kelas 1 SDN Tlogomas 1 Malang. 2) Menganalisis peningkatan kemampuan bercerita anggota keluarga dengan menggunakan media poster anggota keluarga dalam pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada kelas 1 SDN Tlogomas 1 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa kelas I SDN Tlogomas 1 Malang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi siswa, guru, lembar kerja kelompok, dan lembar evaluasi yang diberikan di tiap akhir siklus. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif diskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase ketuntasan yang dicapai adalah 30,7% atau 8 siswa yang mampu mencapai KKM yang telah ditentukan. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 80,7% atau sebanyak 21 35 siswa mampu mencapai KKM. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan kemampuan bercerita siswa pada materi mengenal anggota keluarga. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut adalah penggunaan media poster pada pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa kelas I SDN Tlogomas 1 Malang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | infopus Informasi Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 06:32 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 06:32 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |