HAMIDIYAH, SYEIKHAH (2015) PENERAPAN MEDIA KAHUBER (Kartu Huruf Bergambar) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-syeikhahha-39105-2-babi.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-syeikhahha-39105-1-pendahul-c.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan media berbasis tematik untuk kelas 1 Sekolah Dasar. Dalam penerapannya di kelas guru sudah menggunakan media. Akan tetapi guru belum pernah membuat atau menggunakan media pembelajaran tematik, media yang biasa digunakan dalam pembelajaran tematik yaitu papan tulis, lingkungan sekitar, dan buku teks sehingga membuat siswa lebih cepat bosan dan kurang aktif. Sehingga masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk media kahuber pada tema 4 keluargaku sub tema 2 kegiatan keluargaku di SDN Lowokwaru 3 Malang. Bagaimana penerapan media kahuber pada tema 4 keluargaku sub tema 2 kegiatan keluargaku di SDN Lowokwaru 3 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dari media kahuber, untuk mengetahui penerapan media kahuber. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan media KAHUBER (Kartu Huruf Bergambar) Dalam Pembelajaran Tematik. Sumber data adalah siswa kelas 1 SDN Lowokwaru 3 Malang dan peneliti. Data diambil melalui observasi dan wawancara untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, pengisian angket untuk mengetahui respon siswa selama penerapan media KAHUBER (Kartu Huruf Bergambar). Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media KAHUBER (Kartu Huruf Bergambar) Dalam Pembelajaran Tematik ini merupakan sebuah inovasi terbaru dalam bentuk media pembelajaran yang menarik dikarenakan siswa lebih aktif, kreatif, menarik perhatian siswa, memudahkan siswa dalam belajar, dan siswa dapat bekerja sama dengan baik. Media ini mendapat respon sangat baik dari siswa sebagai pengguna meskipun media ini termasuk baru diterapkan dan masih hal baru bagi siswa. Media ini diterapkan pada siswa dengan membagi siswa menjadi dua kelompok yaitu kelompok kecil dan kelompok besar. Pada kelompok kecil media mendapat respon positif dengan prosentase sebesar 87%. Sedangkan respon negatif dengan prosentase sebesar 13%. Sedangkan pada kelompok besar media mendapat respon positif dengan prosentase sebesar 90% sedangkan pada respon negatif dengan prosentase sebesar 10%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | infopus Informasi Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 06:25 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 06:25 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |