UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SUB TEMA 2 PEMANFAATAN ENERGI DAN SUB TEMA 3 GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SDN LOWOKWARU 3 MALANG

WIRANTI, DIYAN (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SUB TEMA 2 PEMANFAATAN ENERGI DAN SUB TEMA 3 GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SDN LOWOKWARU 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diyanwiran-39170-2-babi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diyanwiran-39170-1-pendahul-n.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Perubahan seperti yang tertuang pada Permendikbud No. 54 Tahun 2013 meliputi adanya peningkatan dan keseimbangan antar softskill dan hardskill yang terdiri atas aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Perubahan kurikulum berakibat pada pembaruan pada standar proses, yang mengharapkan pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan scientific. Kondisi ini yang melatarbelakangi peneletian Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sub Tema 2 Pemanfaatan Energi dan Sub Tema 3 Gaya dan Gerak di Kelas IV SDN Lowokwaru 3 Malang. Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah bagimana penerapan pendekatan saintifik, apa saja kendala yang dialami dan mendiskripsikan upaya guru dalam mengatasi kendala yang dialami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, sumber data berasal dari satu sekolah, dengan 3 kelas, pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 3 kelas terdiri dari 3 guru kelas. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2014 yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pendekatan saintifik dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Kegiatan mengamati disajikan dengan pengamatan terhadap objek gambar dan aktivitas peserta didik. Kegiatan menanya disajikan dengan pertanyaan mengapa dan bagaimana, diajukan secara singkat dan jelas, bersifat probing (divergen), merangsang peningkatan tuntutan kemampuan kognitif, dan merangsang interaksi. Kegiatan mencoba disajikan dengan percobaan dan kegiatan mengumpulkan informasi. Kegiatan menalar disajikan dengan pemberian tugas dan pertanyaan. Kegiatan mengkomunikasikan disajikan dengan peserta didik menuliskan atau membacakan hasil kerjanya. Penilaian dilakukan guru dengan penilaian sikap, pengetahuan (melalui penugasan) dan keterampilan (proyek). Kendala yang dialami guru meliputi keterbatasan waktu untuk menyusun RPP, pengorganisasian siswa (siswa gaduh) dan menyediakan objek pengamatan, keterampilan menanya yang kurang, penyediaan alat dan bahan percobaan, dan penyediaan sumber belajar selain buku siswa. Guru mengalami kendala penilaian saat penulisan deskripsi nilai. Upaya yang dilakukan guru adalah menggunakan buku guru sebagai acuan pembelajaran, menekankan untuk sungguh-sungguh dalam mengamati, menyediakan objek nyata, menyederhanakan kalimat/ bahasa, menyiapkan alat dan bahan percobaan secara kelompok dan menambah sumber belajar selain buku siswa, yaitu BKS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: infopus Informasi Perpustakaan
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:06
Last Modified: 22 Mar 2016 06:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21355

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - e-Theses : https://etd.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo