WIBOWO, AGUNG YULIANTO TRI (2015) PERAN ORANG TUA DALAM PEMILIHAN ACARA TELEVISI UNTUK PEMBENTUKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK KELAS IV SD NEGERI LUMPANGKUWIK 1 KABUPATEN NGANJUK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-agungyulia-39522-2-babi.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-agungyulia-39522-1-pendahul-n.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam mendampingi anak saat menonton televisi dalam membantu membentuk moral anak. Acara televisi semakin beraneka ragam saat ini dan orang tua memiliki peran penting dalam pendidikan informal terutama dalam memberi bimbingan dan arahan kepada anak saat dirumah. Bimbingan dan arahan yang baik dari orang tua akan membentuk moral yang baik juga bagi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan acara televisi apa saja yang di tonton anak di rumah, (2) mendeskripsikan pendapat orang tua terhadap acara televisi yang di tonton oleh anak, (3) mendeskripsikan cara orang tua dalam memberi arahan pada anaknya saat menonton televisi untuk perkembangan moral, (4) mendeskripsikan hambatan dan upaya orang tua dalam mengarahkan anaknya dalam menonton acara televisi. Teori yang menjadi landasan pada penelitian ini adalah (1) peran orang tua, (2) media televisi, (3) perkembangan moral. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan sumber data diambil dari orang tua siswa kelas IV SD Negeri Lumpangkuwik 1. Data yang diperoleh berasal dari teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti menggunakan analisis data mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Acara televisi yang ditonton oleh anak adalah 9 anak yang suka menonton sinetron, 7 anak yang suka menonton acara kartun dan 2 anak yang suka menonton acara yang bersifat pengetahuan, (2) Sebagian besar orang tua berpendapat bahwa televisi bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan yang itu semua secara otomatis dapat mempengaruhi perkembangan moral anak, (3) cara orang tua memberi arahan adalah bersikap disiplin, memberi pengertian kepada anak mana acara yang layak di tonton dan tidak layak di tonton bagi anak sesuai dengan seumurnya, bersikap dislipin pada anaknya, waktunya belajar ya belajar, memberi contoh dengan melihat acara televise yang inovatif dan dapat menambah pengetahuan dan informasi, (4) hambatan anak-anak bandel, ngomel, nangis karena telah terlanjur suka dengan acaranya, membangkang apabila disuruh membantu orang tua ataupun disuruh belajar. Upaya yang dilakukan melihat acara-acara kartun, memberi pendidikan agama bagi anaknya, mendampingi anaknya saat menonton televisi, berdiskusi dengan anaknya tentang acara televisi yang ditonton, memberi contoh dengan melihat acara televisi yang memberi informasi dan pengetahuan seperti berita, talk show.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | infopus Informasi Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 04:04 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 04:04 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |