UMM Institutional Repository

8PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DI SDN SUMBERSARI III MALANG

SUPI’AH, (2015) 8PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DI SDN SUMBERSARI III MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-supiah2010-39525-2-babi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-supiah2010-39525-1-pendahul-n.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada problematika pelaksanaan pembelajaran ABK yaitu ABK masih kurang diperhatikan ketika saat pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: (1) problematika pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus, (2) penyebab terjadinya problematika pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan (3) upaya sekolah untuk mengatasi problematika yang terjadi pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini digolongkan dalam jenis deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian yaitu 2-4 desember 2014. Sumber data yakni guru kelas IV, guru pembimbing khusus, dan kepala sekolah. Data berupa catatan lapang dan pernyataan guru diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Didukung dokumen berupa RPP dan transkip untuk anak berkebutuhan khusus. Teknis analisis data meliputi reduksi data, data display, dan veryfikasi. Hasil penelitian menunjukan; (1) ketidaksesuaian perencanaan pembelajaran dengan pelaksanaan; (2) ketidaksesuaian media pembelajaran dengan rencana pelasanaan pembelajaran; (3) kekurangan tenaga kependidikan ABK pendampingan pembelajaran (1) kesulitan menentukan penilaian pada sikap atau tigkah laku; (2) penilaian sesuai dengan kemampuan ABK. Faktor yang menyebabkan problematika terjadi saat pembelajaran meliputi; 1) kemampuan akademik setiap anak berkebutuhan khusus berbeda-beda.2) kurangnya persiapan dalam penggunaan media; 3) keterbatasan guru pembimbing khusus. Kedua faktor yang mempengaruhi prolematika pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus adalah diantaranya; 1) kesulitan untuk mengukur sikap; 2) jenis ABK dan kemampuan akademik ABK berbeda. Upaya sekolah dalam mengatasi problematika meliputi ; 1) membagi kelas menjadi dua sesuai dengan kemampuan; 2) menyesuaikan sumber atau media pembelajaran dengan situasi dan kondisi; 3) guru kelas diharapkan dapat merangkul ABK saat pembelajaran berlangsung. Upaya guru dalam mengatasi problematika penilaian pembeljaaran adalah guru akan melakukan kerja sama dengan guru lain. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa problematika pelaksanaan pembelajaran di kelas IV dalam pelaksanaan pembelajaran ABK masih belum diperhatikan secara baik dan pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: infopus Informasi Perpustakaan
Date Deposited: 22 Mar 2016 03:54
Last Modified: 22 Mar 2016 03:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21270

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - e-Theses : https://etd.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo