WARDANA, RENDI WAHYU (2015) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN AKIBAT PARKIR PADA BADAN JALAN DI PASAR PON KABUPATEN TRENGGALEK (Studi kasus Jl. R.A Kartini – Jl. Dewi Sartika). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
43a.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
43b.pdf Download (57kB) | Preview |
Abstract
Pasar Pon merupakan salah satu tempat perdagangan dan perbelanjaan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Pasar Pon tidak menyediakan tempat parkir untuk kendaraan pengunjung yang datang. Hal ini akan menggunakan badan jalan sebagai lokasi parkir. Terbatasnya kapasitas dasar parkir dan adanya parkir di badan jalan akan berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas, maka perlu adanya evaluasi kinerja ruas jalan akibat parkir pada badan jalan untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir dan kinerja ruas jalan di Pasar Pon saat ini (2014), dan untuk memenuhi kebutuhan ruang parkir dan kinerja ruas jalan untuk 5 tahun yang akan datang (2019). Untuk evaluasi kubutuhan ruang parkir mengacu metode yang direkomendasikan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (1998). Sedangkan metode yang digunakan dalam evaluasi kinerja ruas jalan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Hasil studi menyatakan kebutuhan ruang parkir dan kinerja ruas jalan di Pasar Pon saat ini (2014), untuk motor sebesar 118 SRP dan mobil sebesar 29 SRP pada Jl. R.A Kartini, didapat (DS) sebesar 0,35 dengan kecepatan tempuh 27,8 km/jam. Sedangkan untuk mobil sebesar 39 SRP pada Jl. Dewi Sartika, didapat (DS) sebesar 0,25 dengan kecepatan tempuh 29,2 km/jam. Hasil perbaikan untuk 5 tahun yang akan datang (2019), konfigurasi yang di pilih adalah konfigurasi sudut parkir mobil 30o dan sudut parkir motor 90o pada jalan Jl. R.A Kartini, sedangkan sudut parkir mobil 900 pada Jl. Dewi Sartika dengan masing-masing arus lalu lintas 1 arah. Untuk kebutuhan ruang parkir dan kinerja ruas jalan di ketahui pada Jl. R.A Kartini sebesar 217 SRP untuk motor dan 44 SRPuntuk mobil, didapat (DS) sebesar 0,71 (DS < 0,8) dengan kecepatan tempuh 25,0 km/jam. Sedangkan pada Jl. Dewi Sartika sebesar 48 SRP untuk mobil, didapat (DS) sebesar 0,44 dengan kecepatan tempuh 24,4 km/jam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (22201) |
Depositing User: | infopus Informasi Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 Mar 2016 07:41 |
Last Modified: | 21 Mar 2016 07:41 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |