UMM Institutional Repository

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN PERUBAHAN JUMLAH JAM TIDUR PADA MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR PROGRAM (Studi kasus Pada Mahasiswa Program Diploma III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang)

DARMAWAN, ANDRI (2008) HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN PERUBAHAN JUMLAH JAM TIDUR PADA MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR PROGRAM (Studi kasus Pada Mahasiswa Program Diploma III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stres merupakan realita kehidupan sehari - hari yang dialami oleh semua orang mulai dari anak - anak sampai orang dewasa semua dapat mengalaminya, tidak terkecuali juga akan di alami oleh Mahasiswa Diploma III Keperawatan. Tuntutan prestasi, tuntutan biaya dan juga tuntutan kelulusan merupakan salah satu sebagian kecil stresor yang di alami oleh mahasiswa yang dapat menyebabkan mahasiswa menjadi stres. Terlebih lagi mahasiswa semester akhir yang akan siap menghadapi kelulusan. Mereka di tuntut untuk menyelesaikan tugas akhir yang akan di gunakan sebagai syarat untuk mendapatkan gelar Ahli Madya Keperawatan. Tuntuan tersebut dapat menyebabkan dampak negatif bagi mahasiswa apabila tidak dapat beradaptasi dengan benar. Salah satu dari dampak tersebut adalah terjadi perubahan pada jumlah jam tidur. Proses adaptasi terhadap stres akan berbeda untuk setiap mahasiswa, beberapa mahasiswa dalam menghadapi stres akan mengalihkan perhatian dengan cara lebih banyak tidur akan tetapi banyak juga mahasiswa yang tidak dapat tertidur di karenakan merasa cemas dan tidak tenang terhadap stresor yang di terimanya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan perubahan jumlah jam tidur pada mahasiswa Progaram Diploma III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang dalam menghadapi Ujian Akhir Program. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif korelasional, jumlah sampel 95 orang. Teknik sampling adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar Quesioner yang diisi sendiri oleh responden. Data yang terkumpul di analisa dengan product moment. Berdasarkan korelasi product moment, didapatkan hubungan Cukup, maka di simpulkan bahwa ada hubungan tingkat stres dengan perubahan Istirahat tidur. rata - rata mengalami stres wajar (64%) dari 61 responden sedangkan mahasiswa mengalami penurunan Istirahat Tidur sebanyak (41%) dari 39 responden.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 31 Oct 2015 04:18
Last Modified: 31 Oct 2015 04:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19015

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo