UMM Institutional Repository

PENERAPAN ARITMATIKA JARI METODE AHA (ASMAUL HUSNA ARITMATIKA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 PENDIL PROBOLINGGO

WAHYUNI, INDRA (2011) PENERAPAN ARITMATIKA JARI METODE AHA (ASMAUL HUSNA ARITMATIKA) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 2 PENDIL PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran di SD memiliki karakteristik yang berbeda dengan pembelajaran Sekolah Menengah, sehingga pembelajarannya harusdisesuaikan dengan karakteristik tersebut. Aritmatika jari Metode AHA (Asmaul Husna Aritmatika) merupakan salah satu yang metode yang menyesuaikan dengan karakteristik siswa SD. Di mana dalam proses Pembelajarannya Aritmatikajari Metode AHA ini mengembangkan tiga komponen kecerdasanyakni IQ, EQ dan SQ. Dengan IQ siswa diajak untuk mengoptimalkan sinergisitas otak kiri dan otak kanan, meningkatkan konsentarsi, berfikir kreatif, dan ketajaman analisa data, logika dan rasio. Dengan EQ siswa diajak untuk melatih kesabaran, ketekunan, sedangkan dengan SQ siswa diajak penanaman konsep suarahati yang bersumber dari asmaul husna yang bersifat universal dan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Pendil Probolinngo dengan pendekatan kualitatif. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas IIA SD Muhammadiyah 2 Pendil Probolinngo. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aritmatika jari metode AHA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari dua siklus yang dilaksanakan dengan empat kali tatap muka, hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Berdsarkan hal tersebut diharapkan aritmatika jari metode AHA ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran di SD pada materipenjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Gusti Vani Putri Cahya
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:04
Last Modified: 28 Jan 2015 03:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/15296

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : repository@umm.ac.id - Website : https://lib.umm.ac.id - Online Catalog : https://laser.umm.ac.id - Repository : https://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo