STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS CERITA PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN 1 LANDUNGSARI

Sriyanti, Sriyanti (2023) STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS CERITA PADA ANAK PRA-SEKOLAH DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN 1 LANDUNGSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil penelusuran dan penelitian pra riset yang dilakukan oleh peneliti tentang Strategi penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berbasis cerita pada anak. Riset ini dilatarbelakangi oleh fenomena nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak, Peneletian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah adalah (1) Bagaimana strategi penanaman Pendidikan Agama Islam pada anak usia pra-sekolah dengan metode cerita. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat metode cerita dalam penanaman nilai- nilai Pendidikan Agama Islam.
Metode yang digunakan dalam peneletian ini menggunakan peneletian kualitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah studi kasus dan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh oleh peneliti di lapangan yaitu strategi penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berbasis cerita pada anak pra-sekolah di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Landungsari Jawa Timur yaitu guru terlebih dahulu mengklafisikasi sesuai dengan kemampuannya. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran berbasis cerita menggunakan media pembelajaran buku cerita untuk kelas kelompok A dan B, untuk metode yang digunakan guru ketika mengajarkan pembelajaran berbasis cerita memadu madakan beberapa metode dalam sekali pembelajaran yaitu metode tanya jawab, metode ceramah; metode intergratif dan metode reward untuk tahap evaluasi pembelajarannya yaitu setiap minggu melakukan evaluasi, dan setiap akhir semester mengadakan perlombaan seperti lomba penghafal surat pendek, lomba pengucapan pancasila, lomba melukis. Hambatan yang di hadapi Guru TK Dharma Wanita Persatuan 1 Landungsari adalah siswa yang masih ada tidak fokus saat pembelajaran berlangsungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201810010311038
Keywords: Strategy, instillation of values, story.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: 201810010311038 sriyantipaggmailcom
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:38
Last Modified: 18 Oct 2023 02:38
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item
View Item