PENGEMBANGAN INSTRUMEN E-TEST SEBAGAI INOVASI PENILAIAN BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR

Kuncahyono, Kuncahyono and Kumalasani, Maharani and Aini, Dian (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN E-TEST SEBAGAI INOVASI PENILAIAN BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5 (2). pp. 155-169. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873

[thumbnail of Kuncahyono Kumalasani Aini - Instrumen e-test Online Penilaian online.pdf]
Preview
Text
Kuncahyono Kumalasani Aini - Instrumen e-test Online Penilaian online.pdf

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Kuncahyono Kumalasani Aini - Instrumen e-test Online Penilaian online.pdf]
Preview
Text
Similarity - Kuncahyono Kumalasani Aini - Instrumen e-test Online Penilaian online.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Tlogomas 2 Malang merupakan sekolah yang sudah
menerapkan kurikulum 2013. Para guru sudah menerapkan pembelajaran tematik terpadu,
dan mencoba mengaplikasikan media dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Namun dalam
melaksanakan penilaian hanya menggunakan perangkat instrumen paper based test.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen e-tes berbasis online.
Instrumen digunakan sebagai sarana untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian
secara sistematis dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan O’ Malley
dan Pierce yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian melalui lima tahapan yaitu: 1)
menentukan tujuan pengembangan, 2) menyusun spesifikasi produk, 3) melakukan
pengembangan, 4) uji coba, dan 5) revisi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
validasi ahli dan pengguna (guru dan siswa). Hasil penelitian menghasilkan produk
instrumen e-test berbasis online yang valid setelah divalidasi oleh validator, hasil uji coba
ahli mendapat kriteria valid. Hasil Uji coba pengguna mendapat kriteria praktis. Validitas
e-test yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak yang berarti memiliki
validitas yang tinggi. Hasil uji coba skala luas yang dilakukan kepada seluruh siswa di kelas
IV SDN Tlogomas 2 Kota Malang mendapatkan hasil 89,3% sangat menarik untuk
digunakan sebagai alat evaluasi dalam pembelajaran. Selain itu siswa terlihat sangat
antusias dalam mengerjakan e-test dan fokus pada e-testnya masing-masing, sehingga
mampu meminimalisir kecurangan dalam pelaksanaan pengerjaan soal dan penilaian.

Item Type: Article
Keywords: Instrumen e-test; Online; Penilaian online
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: maharani Maharani Putri Kumalasani
Date Deposited: 22 Apr 2024 09:28
Last Modified: 22 Apr 2024 09:28
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5632

Actions (login required)

View Item
View Item