Analisis Pelaksanaan Pembelajaran HOTS Saat Daring di SDN Girimoyo 02 Kabupaten Malang

Kumalasani, Maharani Putri and Astuti, Dwi Indah (2022) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran HOTS Saat Daring di SDN Girimoyo 02 Kabupaten Malang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1). pp. 428-436. ISSN 2548-8201 (Print) | 2580-0469) (Online)

[thumbnail of Kumalasani Astuti - Pembelajaran HOTS dan Pembelajaran daring.pdf]
Preview
Text
Kumalasani Astuti - Pembelajaran HOTS dan Pembelajaran daring.pdf

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Kumalasani Astuti - Pembelajaran HOTS dan Pembelajaran daring.pdf]
Preview
Text
Similarity - Kumalasani Astuti - Pembelajaran HOTS dan Pembelajaran daring.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut adanya pembelajaran HOTS dan penilaian HOTS. Tujuan pembelajaran dan penilaian
HOTS disaat diberlakukan pembelajaran daring ditengah penyebaran virus Covid-19 dan menuntut tetap
diberlakukan pembelajaran HOTS dan memberikan fasilitas bagi peserta didik dalam mengembangkan
kecakapan, kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi tantangan diera digital. Pelaksanaan
pembelajaran HOTS dalam kurikulum 2013 diharapkan mampu menjawab permasalahan pendidikan yang ada
di Indonesia dan mengarahkan perbaikan disistem pendidikan demi menciptakan generasi penerus bangsa
yang berkarakter dan mampu bersaing didunia Internasional meskipun keadaan peserta didik melaksanakan
pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif
kualitatif. Kualitatif merupakan dimana pengumpulan data dan informasi dari wawancara, dokumentasi dan
observasi. Pembelajaran HOTS memakai keterampilan afektif, psikomotor dan kognitif. Fungsi keterampilan
dalam proses pembelajaran yaitu: Keterampilan berfikir tingkat tinggi sebagai transfer of knowledge,
Keterampilan berfikir tingkat tinggi sebagai critical and creative thinking, Keterampilan berfikir tinggi sebagai
problem solving. Pelaksanaan pembelajaran HOTS dengan membuat perangkat pembelajaran sebelum
mengajar dan berpedoman pada pembelajaran HOTS dan penilaian HOTS. Pelaksanaan pembelajaran di SDN
Girimoyo 02 Kabupaten Malang tetap melaksanakan pembelajaran HOTS dituntut melakukan evaluasi berbasis
HOTS. Pelaksanaan pembelajaran HOTS tetap mengacu pada kurikulum darurat (kurikulum khusus)
menyesuaikan keadaan saat ini yaitu tetap melaksanakan pembelajaran HOTS disaat diberlakukan
pembelajaran daring ditengah penyebaran virus covid 19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran HOTS dan Pembelajaran daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: maharani Maharani Putri Kumalasani
Date Deposited: 22 Apr 2024 09:19
Last Modified: 22 Apr 2024 09:19
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item
View Item