ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Febilawati, Anggraeni (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kritis berkaitan erat dengan kapasitas seseorang untuk memahami,
mengumpulkan informasi, mencari solusi, menyelesaikan masalah, dan mampu
menyampaikan permasalahan tersebut kepada orang lain. Berdasarkan realitas
dilapangan kemampuan berpikir kritis siswa masih belum mencapai tingkat
maksimal. Hal ini dapat digunakan guru sebagai bahan evaluasi untuk merancang
proses pembelajaran selanjutnya dan diperlukan analisis terhadap kemampuan
berpikir kritis. Dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan
kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita numerasi materi
pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendeskripsikan kemampuan
berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita numerasi materi pola
bilangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMPN 5 Probolinggo pada
semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang telah mempelajari materi pola
bilangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa S1 yang kemampuan berpikir
kritis tinggi menunjukkan bahwa S1 tersebut mampu memahami masalah dari soal
cerita. Hal ini, dapat di ketahui bahwasannya S1 mampu mengaitkan permasalahan
dari soal dengan model matematika dengan memilih menggunakan rumus
aritmatika untuk menyelesaikan soal, serta dapat menyimpulkan dengan baik apa
permasalahan yang terdapat dari soal. S2 yang kemampuan berpikir kritis sedang
terhadap pemahaman masalah, dapat dilihat dari hasil tes dan wawancara
menunjukkan bahwa S2 menggunakan penyelesaian yang sesuai dengan pola
bilangan tetapi ada langkah-langkah yang tidak tertulis dari salah satu soal yang
dikerjakan. S3 yang kemampuan berpikir kritis rendah terhadap pemahaman
masalah menunjukkan bahwa S3 tersebut mampu menyelesaikan 2 soal
kemampuan berpikir kritis yang diberikan namun hanya memenuhi 3 indikator dari
6 indikator kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910060311060
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pola Bilangan, Soal Cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: 201910060311060 anggraenifebilawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:39
Last Modified: 15 Feb 2024 08:39
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3952

Actions (login required)

View Item
View Item