Analisis Perbandingan Usability dan User Experience Terhadap E-Trust Pada Situs Ecommerce C2C Menggunakan Heart Dan Pulse Framework

Septian, Ovan and Kusuma, Wahyu Andhyka and Wahyuni, Evi Dwi (2019) Analisis Perbandingan Usability dan User Experience Terhadap E-Trust Pada Situs Ecommerce C2C Menggunakan Heart Dan Pulse Framework. Jurnal Repositor, 1 (1). pp. 27-38. ISSN 2716-1382

[thumbnail of Septian Kusuma Wahyuni - E-commerce Heart Pulse E-trust UX Usability.pdf]
Preview
Text
Septian Kusuma Wahyuni - E-commerce Heart Pulse E-trust UX Usability.pdf

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Septian Kusuma Wahyuni - E-commerce Heart Pulse E-trust UX Usability.pdf]
Preview
Text
Similarity - Septian Kusuma Wahyuni - E-commerce Heart Pulse E-trust UX Usability.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah toko online salah satunya adalah kepercayaan. Dimana kepercayaan akan dapat membangun customer relation management atau relasi pengguna sebuah toko online. Kepercayaan pengalaman pengguna menjadi faktor yang harus di penuhi yang akan menjadi 2 hal yang berkaitan. Pada penelitian ini toko online yang di analisa merupakan tokopedia dan bukalapak. Untuk pegukuran kepercayaan dalam penggunaan toko online di ukur dengan pendekatan dari metode Heart and Pulse engan beberapa modifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan yang melaporkan studi empiris untuk mengidentifikasi faktor yang berkontribusi pada pengalaman positif situs belanja online dalam hal tingkat kepercayaan. Responden berjumlah 100 yang merupakan pengguna dari kedua e-commerce tersebut. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah Teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier dan uji hipotesis termasuk uji parsial(t), uji simultan(F), dan koefisien determinasi ( ). Hasil analisis dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa variabel keuntungan sama-sama berpengaruh positif terhadap kepercayaan di kedua e-commerce tersebut. edua, variabel effisiensi, kebahagiaan, dan kecepatan tidak berpengaruh positif terhadap tingkat kepercayaan di kedua e-commerce tersebut pengujian dengan uji f di kedua e-commerce berpengaruh positif dan yang unggul adalah bukalapak. hasil Adjust R Square menunjukkan bahwa hasil pengukuran di ke dua situs tersebut memiliki nilai sebesar 49,3% (tokopedia) & 78,3% (bukalapak), menunjukkan bahwa hasil pengukuran usability dan user experience dari bukalapak lebih unggul di bandingkan dengan tokopedia.

Item Type: Article
Keywords: E-commerce, Heart Pulse, E-trust, User Experience, Usability
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: maulana Maulana Chairudin
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:53
Last Modified: 07 Feb 2024 02:53
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3471

Actions (login required)

View Item
View Item