Liku-Liku Lingkungan (Catatan Kritis-Konstruktif Terkait Problematika Lingkungan)

Husamah, H. (2023) Liku-Liku Lingkungan (Catatan Kritis-Konstruktif Terkait Problematika Lingkungan). Deepublish.

[thumbnail of Husamah - Lingkungan Problematika Pencemaran.pdf]
Preview
Text
Husamah - Lingkungan Problematika Pencemaran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Buku ini disusun dengan maksud sebagai buku pengayaan dalam mata kuliah Ilmu Lingkungan, dimana dalam beberapa tahun terkahir ini penulis bersama tim diamanahi untuk menjadi dosen pengampu. Sesuai dengan dokumen kurikulum OBE yang ditetapkan Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diamanahkan kepada Mata Kuliah Ilmu Lingkungan adalah (CPL ke-2) Menjunjung tinggi etika, disiplin, dan tanggung jawab sebagai profesional dengan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; (Upholding ethics, discipline, and responsibility as a professional based on spirit of independence, struggle, and entrepreneurship); (CPL ke-3) Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, dan inovatif dalam tahapan saintifik dan pengambilan keputusan strategis di bidang keahliannya; (Applying logical, critical, systematic, creative, and innovative thinking, in scientific stages and making strategic decisions in their expertise), (CPL ke-6) Menguasai konsep teoritis dan metodologi biologi (Mastering theoretical concepts and methodology in biology field); dan (CPL ke-7) Mendesain dan mengaplikasikan rencana pembelajaran bidang ilmu dengan mengintegrasikan Technology, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK); (Designing and applying lesson plans by integrating Technology, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK)). Dengan demikian, kami menetapkan bahwa CMPK Mata kuliah ini adalah “Mampu menganalisis konsep-konsep yang terkait dengan ilmu lingkungan dan pada akhirnya mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah lingkungan yang terjadi akibat aktivitas manusia serta mengkaji berdasarkan aspek teknis dan perundang-undangan yang berlaku sehingga terampil merefleksikan dan memberikan rekomendasi dalam bentuk kajian dan peraturan, teori, dan berbagai referensi dalam konteks multidisiplin melalui aktivitas kerja kelompok, diskusi, dan kegiatan proyek secara bertanggung jawab, kolaboratif, dan menggunakan teknologi informasi sesuai dengan nilai-nilai al-Islam dan Kemuhammadiyahan.”.

Item Type: Book
Keywords: Lingkungan, Problematika, Pencemaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: usya_bio Husamah, S.Pd
Date Deposited: 23 Jan 2024 05:44
Last Modified: 23 Jan 2024 05:44
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item
View Item