ANALISIS E-LKPD NEARPOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN SISWA SMP : STUDY LITERATUR

Gusasi, Yolanda Puspita (2024) ANALISIS E-LKPD NEARPOD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN SISWA SMP : STUDY LITERATUR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penilitian literatur review yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh E-LKPD NEARPOD dalam meningkatkan Motivasi belajar dan pemahaman siswa kelas VII SMP. Tinjauan literatur dilakukan menggunakan artikel yang diterbitkan pada tahun 2019-2022 dan mencari artikel melalui 3 sumber, yaitu Google Scholar, Garuda, dan Scopus. Jurnal yang digunakan adalah jurnal nasional yang terindeks Sinta 1-3, sedangkan jurnal internasional yang digunakan terindeks Scopus, dan untuk jurnal internasional yang tidak terindeks Scopus, digunakan jurnal dengan minimal 5 pengindeks. Artikel yang tidak sesuai dengan tema, tidak terkait dengan matematika, tingkat sekolah bukan SMP, dan beberapa tidak berupa PDF teks lengkap (akses terbuka) dihapus dari tinjauan. Dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD Nearpod terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika di SMP. Dengan pendekatan yang interaktif dan multimedia, E-LKPD ini mampu menyediakan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan menarik bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang lebih tinggi dan pemahaman konsep yang lebih baik ketika menggunakan E-LKPD Nearpod dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710060311021
Keywords: Motivasi belajar, pemahaman siswa, E-LKPD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: 201710060311021 yolandapuspitagusasi
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:21
Last Modified: 19 Aug 2024 05:21
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item
View Item