KINERJA BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) DANA POS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN URUSAN KREDIT PENSIUN (Study Kasus Pada BPR Dana Pos Bagian Kredit Kota Malang)

REZKY PUTRI H., NITA (2007) KINERJA BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) DANA POS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN URUSAN KREDIT PENSIUN (Study Kasus Pada BPR Dana Pos Bagian Kredit Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
KINERJA_BANK_PERKREDITAN_RAKYAT.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

BPR DanaPos merupakan perusahaan milik swasta yang bekerja sama dengan PT.Pos. Dana Pos sendiri dibuat untuk mengelolah dana pensiun Taspen dan Asabri dengan produk pensiun berupa tabungan, deposito dan kredit multiguna danapos. Namun, di BPR DanaPos Kota Malang hanya dikhususkan untuk melayani nasabah yang melakukan kredit pensiun. Hakekatnya pelayanan publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat, dalam hal ini BPR DanaPos ingin memberikan pelayanan dalam peminjaman kredit pensiun semaksimal mungkin dapat memberikan kepuasan bagi nasabahnya. Dalam peminjaman kredit BPR DanaPos mengupayakan dapat semaksimal mungkin dapat memberikan manfaat dan dapat diterima dengan baik oleh nasabahnya sehingga pinjaman yang diberikan bisa bermanfaat bagi kesejahteraan anggota Taspen dan Asabri yang dipandang sebagai hak dan dapat dianggap sebagai penghasilan yang ditangguhkan dengan kata lain merupakan kesejahtweraan tertunda selama bekerja, sebagai tambahan gaji tiap bulannya dengan jaminan SK/SKEP pensiun asli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu suatu penelitian yang hanya menggambarkan situasi dan kondisi apa adanya tanpa tambahan. Mempunyai tujuan untuk ekploitasi dan klasifikasi mengenai suatu fenomena, atau kenyataan sosial dengan jalan mendeskripsikan sejumlah variabel atau laboratoris sifatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi ke lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah kualitatif yaitu berusaha menggambarkan data­data yang ada sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat kita lihat bahwa kinerja yang dilakukan BPR DanaPos yaitu dengan cara peningkatan mutu pelayanan kepada nasabah baik itu dilihat dari prosedur pelayanan, produk kredit, biaya pelayanan, ketetepatan waktu pelayanan dan sikap ramah tamah kepada nasabah. Dan meningkatkan mutu pelaksanaan kerja yang menyangkut tingkat kemampuan penyelesaian kerja dan fasilitas dan teknologi. Kebutuhan akan sumber daya manusia kinerja agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka manajemen di BPR Danapos perlu memperhatikan kualitas dan kuantitas pegawai serta sebagai penunjang sarana dan prasarana yang ada di BPR DanaPos Kota malang.sedangkan hambatan yang dialami adalah kurangnya kualitas mengenai pelayanan administrasi dan memiliki kapabilitas tinggi dalm memberi pelayanan yang berorientasi kepada pencapaian hasil nilai yang tinggi ini belum memberikan hasil yang memuaskan ini terbukti adanya keluhan atau indeks ketidak puasan nasabah dalam melakukan pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian data disimpulkan bahwa kinerja yang dilakukan BPR DanaPos dalam meningkatkan pelayanan urusan kredit pensiun sudah sesuai dengan yang diharapkan dalam pelayanan kepada nasabah tentang peminjaman kredit pensiun walaupun masih banyak hambatan yang belum bisa diselesaikan. Diharapkan untuk masa yang akan datang pelayananpeminjaman kredit dapat mengatasi kendala yang ada dan upaya­upaya yang dilakukan BPR DanaPos .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 28 Jun 2012 02:34
Last Modified: 28 Jun 2012 02:34
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9978

Actions (login required)

View Item View Item