ANALISIS PENENTUAN LOKASI USAHA DALAM RANGKA EKSPANSI USAHA TOKO BUSANA WANITA ”EX SHOP” ( PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARKCHY PROCESS )

Ranggauri P.N, Arya (2007) ANALISIS PENENTUAN LOKASI USAHA DALAM RANGKA EKSPANSI USAHA TOKO BUSANA WANITA ”EX SHOP” ( PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARKCHY PROCESS ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
e.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Peneliti ini dilakukan di Toko busana wanita “Ex Shop” jalan MT. Haryono Malang dengan judul Analisa Penentuan Lokasi Usaha Dalam Rangka Ekspansi Usaha Toko Busana Wanita ”EX SHOP” ( Pendekatan Analytical Hierarkhchy Process ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan lokasi usaha baru yang tepat, guna mendapatkan keuntungan yang optimum. Teknis analisis yang digunakan adalah memecah persoalan yang utuh menjadi unsur-unsurnya (Decomposition), membuat penilaian tentang kepentingan relatif dua elemen pada suatu tingkat tertentu (Comprarative judgement), mencari matriks-matriks dari elemen-elemen variabel yang digunakan. Hasil analisa data yang didapatkan adalah dalam menentukan sebuah lokasi yang paling baik atau cocok dalam memilih sebuah lokasi usaha baru dengan mempertimbangkan hal-hal yang dianggap penting yaitu tenaga kerja, dekat pasar atau konsumen dan sewa tempat dalam menentukan sebuah lokasi dengan beberapa pilihan alternatif pilihan mall yaitu Malang Town Square, Dieng Plaza, Plaza Araya. Dari pengujian dan perhitungan peringkat pertama diduduki oleh Malang Town Square (MATOS) mempunyai prioritas keseluruhan sebesar 0,6769 atau sebesar 67,69 %. Posisi kedua dimiliki pada Plaza Araya yang mempunyai prioritas menyeluruh sebesar 0,2118 atau sebesar 21,18 %. Posisi ketiga dimiliki oleh Dieng Plaza mempunyai prioritas keseluruhan sebesar 0,1119 atau sebesar 11,19 %. Berdasarkan hasil analisa tersebut disimpulkan yang dapat diambil, bahwa dalam pemilihan lokasi usaha pada Toko Busana wanita“ Ex Shop” sebaiknya di Malang Town Square (MATOS) saja karena Malang Town Square memiliki prioritas paling besar dibanding mall yang lain baik Dieng Plaza maupun di Plaza Araya. Implikasi yang dikemukakan, sebaiknya dalam membuka atau mencari lokasi usaha yang baru hendaknya dilakukan penelitian secara detail dan juga perhitungan secara cermat, perhitungan yang dianjurkan meliputi sewa tempat, tenaga kerja, omzet yang didapat, serta letak untuk usaha yang baru, penentuan jenis usaha yang tepat sesuai kebutuhan konsumen, tempat yang strategis, dan juga transportasi. Sehingga nantinya akan didapati hasil yang cukup baik bagi kemajuan perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 27 Jun 2012 02:29
Last Modified: 27 Jun 2012 02:29
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9725

Actions (login required)

View Item View Item