PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UD. SAMBEL PECEL ALBAROKAH BLITAR

Ratnawati, Evina (2007) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UD. SAMBEL PECEL ALBAROKAH BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
h.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Secara umum, industri kecil di Indonesia sejak tahun 1999 sampai tahun 2002 mengalami peningkatan. Hal tersebut terbukti dengan jumlah industri kecil pada tahun 1999 sebesar 2.115,03; pada tahun 2000 meningkat menjadi 2.536,89 unit usaha kecil; pada tahun 2001 meningkat menjadi 2.725,38 unit usaha kecil dan pada tahun 2002 meningkat menjadi 2.886,58 unit usaha kecil. Pada penelitian ini mengambil judul “UD Sambel Pecel ALBarokah” Guna Meningkatkan Volume Penjualan”. Tujuan penelitian untuk merencanakan strategi pemasaran yang tepat pada UD Sambel Pecel ALBarokah guna meningkatkan volume penjualan tahun 20072010. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan peneliti terhadap perencanaan strategi industri sambel pecel UD AlBarokah Blitar maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: hasil analisa lingkungan eksternal menunjukkan beberapa faktor yang menjadi peluang dan ancaman bagi industri sambel pecel UD AlBarokah Blitar. Faktor yang termasuk ke dalam peluang meliputi : pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, pemerintah, dan teknologi. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman meliputi : faktor inflasi dan pesaing. Hasil analisa lingkungan Internal menunjukkan beberapa faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan pada industri sambel pecel UD AlBarokah Blitar. Faktor-faktor yang termasuk ke dalam kekuatan meliputi : produk, harga, diskon, dan distribusi. Sedangakan faktor yang menjadi kelemahan meliputi : promosi, dan tempat atau lokasi. Melalui alternatif-altenatif Strategi yang dihasilkan berdasarkan metode IFAS dan EFAS UD sambel pecel AlBarokah Blitar adalah strategi pengembangan pasar melalui pengembangan jenis produk dengan menambah variasi rasa sambel pecel dan bentuk kemasan yaitu menetapakan kebijakan paket hemat dengan harga yang lebih terjangkau oleh konsumen, memilih media promosi yang efektif dan efisien untuk menghemat anggaran serta melakukan pengembangan promosi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 27 Jun 2012 02:24
Last Modified: 27 Jun 2012 02:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9722

Actions (login required)

View Item View Item