PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE SAS PADA SISWA KELAS II-B SEKOLAH DASAR

Maulana, Muhammad Iqbal and Handayani, Trisakti and Rahayu, Winanjar (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE SAS PADA SISWA KELAS II-B SEKOLAH DASAR. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7 (1). pp. 46-51. ISSN P-ISSN: 2338-1140 E-ISSN: 2527-3043

[thumbnail of Maulana Handayani Rahayu - Keterampian Menulis Tegak Bersambung SAS Metode SAS.pdf]
Preview
Text
Maulana Handayani Rahayu - Keterampian Menulis Tegak Bersambung SAS Metode SAS.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Maulana Handayani Rahayu - Keterampian Menulis Tegak Bersambung SAS Metode SAS.pdf]
Preview
Text
Similarity - Maulana Handayani Rahayu - Keterampian Menulis Tegak Bersambung SAS Metode SAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemamuan menulis tegak bersambung melalui metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada siswa kelas II-B SDN Tlogomas II Kota Malang. Metode SAS dipilih karena sejalan dengan prinsip linguistik. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II-B SDN Tlogomas II Kota Malang tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 27 orang. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode SAS dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis tegak bersambung. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata kelas dari pre-test, yaitu 64,97, meningkat menjadi 72,34 pada siklus I pertemuan pertama, dan dari siklus II pertemuan pertama, yaitu 70,71, meningkat menjadi 76,95. Prosentase kelulusan kelas
mengalami peningkatan dari pre test yaitu 18,18%, meningkat menjadi 59,09% pada siklus I pertemuan pertama, dari siklus I pertemuan kedua, yaitu 41,67%, meningkat menjadi 52,17% pada siklus II pertemuan pertama, dari siklus II pertemuan pertama, yaitu 52,17%, meningkat menjadi 85% pada siklus II pertemuan kedua.

Item Type: Article
Keywords: Keterampian Menulis Tegak Bersambung, SAS, Metode SAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: mufidah91 Ulfatul Mufidah
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:13
Last Modified: 17 Oct 2023 06:13
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item
View Item