ANALISIS PERBEDAAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAOS MEREK JOGER DAN JANGKRIK (STUDI DI LEGIAN BALI)

SANTOSA, BUDI (2007) ANALISIS PERBEDAAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAOS MEREK JOGER DAN JANGKRIK (STUDI DI LEGIAN BALI). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
a.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey, dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan yaitu di Legian Bali, dengan obyek penelitian adalah konsumen yang membeli kaos merek Joger dan Jangkrik dengan judul “Analisis Perbedaan Keputusan Pembelian Produk Kaos Merek Joger Dan Jangkrik (Studi Di Legian Bali)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keputusan pembelian produk kaos merek Joger dan Jangkrik di Legian Bali dan untuk mengetahui variabel dominan yang membedakan keputusan pembelian produk kaos merek Joger dan Jangkrik di Legian Bali. Adapun kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan yaitu sebagai bahan masukan dalam rangka melakukan evaluasi terhadap program pemasarannya berdasarkan analisis perilaku konsumen dalam hal ini adalah perbedaan keputusan pembelian, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam menentukan kebijaksanaan atas dasar analisis perbedaan keputusan pembelian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan diskriminan. Hasil analisis dapat membuktikan bahwa variabel produk, harga, promosi dan saluran distribusi membedakan keputusan pembelian produk kaos merek Joger dan Jangkrik di Legian Bali. Kenyataan tersebut dapat membuktikan bahwa dalam memutuskan untuk membeli kedua produk tersebut maka konsumen mempertimbangkan variabel-variabel bauran pemasaran. Variabel bauran pemasaran yang mempunyai keeratan yang lebih besar terhadap persamaan diskriminan yang dihasilkan pada penelitian ini adalah varibel harga, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel harga merupakan variabel yang dominan untuk membedakan keputusan pembelian produk kaos merek Joger dan Jangkrik di Legian Bali. Variabel berikutnya adalah yang mempunyai keeratan terhadap persamaan diskriminan yaitu saluran distribusi, kemudian promosi dan yang terakhir adalah produk. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diajukan beberapa saran yaitu diharapkan perusahaan produk kaos merek Joger dan Jangkrik dalam menetapkan harga jual dapat terjangkau oleh konsumen sehingga selain berorientasi kepada tingkat keuntungan atau profit yang telah ditetapkan. Diharapkan perusahaan memperhatikan saluran distribusi yang ada selama ini yaitu diharapkan untuk menambah jumlah agen atas produk yang dihasilkan sehingga dapat memberikan kemudahan konsumen untuk membeli produk tersebut. Perusahaan diharapkan untuk lebih meningkatkan kegiatan promosi yang telah dilakukan selama ini yaitu dalam pembuatan poster diharapkan lebih menarik dengan harapan mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli produk. Diharapkan perusahaan tetap memperhatikan atas kualitas produk yang ditawarkan, mengingat hanya produk berkualitas yang dibutuhkan oleh konsumen dan mampu bersaing dalam pasar baik oleh produk sejenis maupun produk pengganti

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jun 2012 05:53
Last Modified: 26 Jun 2012 05:53
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9595

Actions (login required)

View Item View Item