PENGARUH KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN DISTRIBUSI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR AREA PELAYANAN DAN JARINGAN MALANG

NURMANSARI, DIAN YULIANING (2007) PENGARUH KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN DISTRIBUSI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR AREA PELAYANAN DAN JARINGAN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN DISTRIBUSI PT. PLN.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah study kasus pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang yang berjudul “ Pengaruh Karakteristik Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Distribusi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik budaya organisasi yang terdiri dari inovasi dan pengambilan resiko, perhatian terhadap detail, orientasi hasil, orientasi individu, orientasi tim, keagresifan dan kemantapan ; untuk mengetahui kinerja karyawan bagian distribusi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang ; untuk mengetahui apakah karakteristik budaya organisasi yang terdiri dari inovasi dan pengambilan resiko, perhatian terhadap detail, orientasi hasil, orientasi individu, orientasi tim, keagresifan dan kemantapan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan bagian distribusi ; dan untuk mengetahui variabel paling kuat yang berpengaruh terhadap kinerja PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil hipotesis yaitu pertama diduga karakteristik budaya organisasi yang terdiri dari yang terdiri dari inovasi dan pengambilan resiko, perhatian terhadap detail, orientasi hasil, orientasi individu, orientasi tim, keagresifan dan kemantapan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan bagian distribusi ; kedua diduga variabel orientasi tim adalah variabel paling kuat yang mempengaruhi kinerja karyawan bagian distribusi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui signifikansi pengaruh karakteristik budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dan untuk mengetahui variabel paling kuat berpengaruh adalah rentang skala, analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil perhitungan dengan menggunakan rentang skala untuk inovasi dan pengambilan resiko (X1) diperoleh rata-rata skor 140,75 yang masuk pada kriteria sangat kuat, Perhatian Terhadap Detail (X2) diperoleh rata-rata skor 146,66 yang masuk pada kriteria sangat kuat, Orientasi Hasil (X3) diperoleh rata-rata skor 142 yang masuk pada kriteria sangat kuat, Orientasi Individu (X4) diperoleh rata-rata skor 154,33 yang masuk pada kriteria sangat kuat, Orientasi Tim (X5) diperoleh rata-rata skor 153 yang masuk pada kriteria sangat kuat, Keagresifan (X6) diperoleh rata-rata skor 150,33 yang masuk pada kriteria sangat kuat, Kemantapan (X7) diperoleh rata-rata skor 151,5 yang masuk pada kriteria sangat kuat. Sedangkan pada variabel kinerja karyawan diperoleh rata-rata skor 147 yang masuk pada kriteria sangat baik. Besarnya nilai Fhitung adalah 13,240 dan Ftabel sebesar 2,30, sedangkan Thitung untuk variabel Inovasi dan Pengambilan Resiko (X1) adalah 0,925, perhatian terhadap detail (X2) adalah -0,292, Orientasi Hasil (X3) adalah 2,757, Orientasi Individu (X4) adalah 0,277, Orientasi Tim (X5) adalah 0,013, Keagresifan (X6) adalah 2,969, Kemantapan (X7) adalah 1,556. Dari hasil analisis regresi diperoleh besarnya koefisien regresi dan persamaan regresi untuk variabel karakteristik budaya organisasi terhadap kinerja karyawan bagian distribusi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang adalah sebagai berikut : Y = -2,130 + 0,124X1 -0,061X2 + 0,437X3 + 0,052X4 + 0,002X5 + 0,536X6 + 0,378X7 + e Dari hasil perhitungan rentang skala, uji F, dan uji t hal ini dapat ditunjang dengan pimpinan yang bertindak sebagai pengambil keputusan dan penilaian kinerja para karyawannya. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang menitik beratkan pada karakteristik budaya orgnisasi, maka perlu kiranya perusahaan meningkatkan budaya kerja perusahaan terutama variabel perhatian terhadap detail yang mempunyai nilai paling rendah yaitu -0,061. Oleh karena itu diharapkan kepada perusahaan untuk memberikan arahan dan memotivasi dengan cara yang lebih baik agar karyawan tidak merasa dituntut berlebihan mengenai ketelitian dan kecermatan dalam bekerja serta kepekaan terhadap segala sesuatu yang ada di dalam perusahaan. Disarankan bagi perusahaan untuk lebih meningkatkan dn mempertahankan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan sesuai dengan budaya yang diterapkan di perusahaan. Bagi pimpinan perusahaan sebaiknya memberikan arahan kepada bawahan agar karyawan lebih inovatif dalam melakukan pekerjaan dan karyawan lebih bertanggung jawab atau mampu menanggung resiko atas kesalahan yang dilakukan dalam bekerja. Usulan bagi perusahaan, dalam hal penilaian kinerja karyawan yang dilakukan manajer atasan langsung hendaknya point penilaian bersifat transparan agar karyawan tahu dan berusaha untuk dapat mencapai predikat baik dalam kinerjanya. Dan dapat dijadikan motivasi bagi karyawan. Maka karyawan akan tahu kriteria penilaian kinerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jun 2012 05:15
Last Modified: 26 Jun 2012 05:15
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9573

Actions (login required)

View Item View Item