APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) SEBAGAI LANGKAH AWAL PROSES PENGEMBANGAN KUALITAS PENDIDIKAN SMA MENURUT SUARA KONSUMEN (Studi Kasus di SMA Al–Islam Krian Sidoarjo)

NURMALA, DEWI (2007) APLIKASI QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) SEBAGAI LANGKAH AWAL PROSES PENGEMBANGAN KUALITAS PENDIDIKAN SMA MENURUT SUARA KONSUMEN (Studi Kasus di SMA Al–Islam Krian Sidoarjo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
APLIKASI_QUALITY_FUNCTION_DEPLOYMENT.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan unit pelaksana pendidikan formal terdepan dengan berbagai keragaman potensi anak didik yang memerlukan layanan pendidikan yang beragam. Bervariasinya kebutuhan siswa akan belajar, beragamnya kebutuhan guru dalam pengembangan profesionalnya, berbeda lingkungan sekolah satu dengan lainnya dan ditambah dengan harapan orang tua/masyarakat akan pendidikan yang bermutu bagi anak dan tuntutan dunia usaha untuk memperoleh tenaga bermutu. Maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk mengupayakan peningkatan mutu/kualitas pendidikan dengan melibatkan kelompok masyarakat terutama yang memiliki kepedulian kepada pendidikan. Maka dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD) penulis mencoba merencanakan pengembangan kualitas pendidikan yang sesuai dengan harapan orang tua/masyarakat (konsumen). Tahap-tahap yang dilakukan dalam perencanaan kerja Quality Function Deployment terdiri dari 3 tahapan, antara lain: Tahap Pengumpulan Suara Pelanggan, Tahap Penyusunan Rumah Kualitas, dan Tahap Analisa dan Interpretasi. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan dalam perencanaan pengembangan kualitas pendidikan yang dipentingkan konsumen yaitu Sekolah memiliki prestasi olahraga dan akademik yang bagus, Beasiswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu, Kegiatan keagamaan di sekolah, Biaya SPP murah, Guru dapat mengajar siswanya dengan baik dan benar, Kedisiplinan siswa terhadap aturan-aturan yang berlaku di sekolah, Peralatan laboratorium dan ekstrakurikuler lengkap, Sarana media pembelajaran di kelas lengkap (OHP), Penyampaian informasi kepada orangtua dapat berjalan dengan lancar, Sekolah memiliki kepemimpinan yang kuat, Lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman, Sarana perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap, Tampilan gedung sekolah yang bagus, Prasarana ruang laboratorium perlu ada ruang-ruang tersendiri, Ruangan kelas yang bersih dan nyaman, Guru selalu datang tepat waktu sesuai dengan jadwal mengajarnya, Layanan administrasi yang memadai, Kegiatan ekstrakurikuler lengkap (olahraga dan bahasa Asing), Terdapat areal parkir siswa, dan Prasarana kantin yang sehat dan memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:55
Last Modified: 26 Jun 2012 04:55
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9547

Actions (login required)

View Item View Item