IDENTIFIKASI SERANGGA DI KAWASAN WISATA DANAU RANUGRATI KABUPATEN PASURUAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI (KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP)

AYU TRI KURNIAWATI, DYAH (2009) IDENTIFIKASI SERANGGA DI KAWASAN WISATA DANAU RANUGRATI KABUPATEN PASURUAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI (KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IDENTIFIKASI_SERANGGA_DI_KAWASAN_WISATA_DANAU_RANUGRATI_KABUPATEN_PASURUAN_SEBAGAI_SUMBER_BELAJAR_BIOLOGI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Serangga (Insekta) adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang berkaki enam. Karena itulah mereka disebut pula Hexapoda. Serangga termasuk golongan hewan yang jumlahnya paling besar dibandingkan dengan golongan hewan lainnya yang hidup di muka bumi dan mudah ditemukan disekitar kita, hal ini sangatlah baik bila dijadikan sebagai sumber belajar. Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar tidak banyak mengalami kesulitan, mengingat biologi merupakan pendidikan sains yang didalamnya meliputi learning to know (belajar untuk mengetahui), learning to be (belajar untuk menjadi jati dirinya), learning to do (belajar untuk mengerjakan sesuatu) dan learning to life together (belajar untuk bekerja sama) yang itu semua dapat dilaksanakan melalui pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan. Karena lingkungan dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa hal ini akan melibatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotoris siswa sehingga pemahaman konsep yang didapatkan akan lebih mengena (melekat) dibandingkan dengan penjelasan melalui ceramah. Sehingga Konsep-konsep sains dapat dengan mudah dikuasai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis serangga, karakteristik populasi dan bagaimana memanfaatkan identifikasi serangga sebagai sumber belajar biologi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah jenis serangga yang berada di kawasan wisata danau ranu grati. sedangkan penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2009. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan teknik non random sampling.Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode belt transek dengan melakukan pengamatan pada ciri-ciri morfologi setiap spesies serangga. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa serangga yang tertangkap sebanyak 189 individu dengan 13 spesies antara lain: Locusta migratoria, Diplacodes bipunctata, Hierodula vitrea, Conocephalus sp, Dissostura sp, Orthetrum serapia, Apis malifera, Apis dorsata, Nesobasis comosa, Oecophylla smaragdina, Leptosia nina Malaya, Appias libythea, Danaus genutia. Penggunaan alam sekitar/ lingkungan salah satunya yang berda di kawasan wisata danau ranu grati sebagai sumber belajar untuk mata pelajaran biologi , khususnya bila dikaitkan dengan materi klasifikasi makhluk hidup sangat tepat, karena siswa ditempat tersebut dapat melakukan pengamatan secara langsung terhadap jenis serangga, tempat hidup dan ciri-ciri morfologinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Anwar Jasin
Date Deposited: 22 Mar 2012 10:44
Last Modified: 22 Mar 2012 10:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item