AKTIFITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) YAYASAN ULI PEDULI FOUNDATIONS DALAM MEMPENGARUHI PENDAPAT MASYARAKAT (Studi pada Kelurahan Ketintang, Kebonsari, Pagesangan)

NOVITA, ESTRI (2007) AKTIFITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) YAYASAN ULI PEDULI FOUNDATIONS DALAM MEMPENGARUHI PENDAPAT MASYARAKAT (Studi pada Kelurahan Ketintang, Kebonsari, Pagesangan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
AKTIFITAS_CORPORATE_SOCIAL_RESPONSIBILITY.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena sampah yang menimbun dan masyarakat kota yang kurang peduli mengenai masalah lingkungan. Berdasarkan penelitian awal diperoleh kesimpulan bahwa dari rasa kepedulian tehadap lingkungan tersebut terutama masalah sampah, maka PT Unilever Indonesia membentuk suatu Yayasan yang khusus menangani masalah sustainable program yang disebut Yayasan Uli Peduli Foundation. Oleh karena modal utama yayasan ini adalah rasa kepedulian pada lingkungan yang berujung pada kegiatan corporate social responsibility maka, peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana kegiatan corporate social responsibility dalam kerangka Community Relations yayasan tersebut dan bagaimana pendapat masyarakat yang timbul dari aktifitas CSR tersebut. Untuk mendapatkan pengetahuan yang lengkap maka studi ini mengomparasikan pada 3 kelurahan di Surabaya yaitu Ketintang, Kebonsari, Pagesangan. Corporate social responsibility merupakan salah satu kegiatan public relations yang tidak terbatas pada sumbangan sukarela, dan juga merupakan suatu kontribusi penting untuk menyejahterakan masyarakat, perekonomian negara, dan pengetahuan mendasar mengenai sosial dan lingkungan (Unilever). Suatu tindakan tanggung jawab sosial dirancang untuk mengarahkan publik agar mengeluarkan pendapatnya. Dimana pendapat tersebut yang akan menjadi ujung kinerja perusahaan di mata konsumen dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori aktifitas PR pada kegiatan CSR dalam kerangka Community Relations. Dimana teori teresbut memiliki lima tahapan yaitu riset dan fact finding, perumusan masalah, perencanaan, aksi dan komunikasi, dan evaluasi sebagai penunjang untuk program CSR yayasan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaaan atau status fenomena (Arikunto), sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan judgmental sampling yang dilanjutkan dengan teknik bola salju untuk memperoleh informasi atau dalam pengumpulan data yang lebih banyak dari para responden. Judgmental sampling ini merupakan sampling yang berdasarkan pertimbngan tertentu terhadap element populasi yang dipilih sebagai sampel. Anggota yang terpilih ditentukan langsung oleh periset sehingga tidak ada peluang bagi anggota lain untuk menjadi sampel bila di luar pertimbangan peneliti (Istijanto). Hasil penelitian terhadap aktifitas yang dilakukan oleh team CSR yayasan UPF terutama motivator adalah berupa bantuan penanggulangan masalah sampah dengan memberikan komposter dan takaura sebagai alat pereduksi sampah basah yang kemudian akan menjadi kompos, penyuluhan lingkungan, dan tanaman penghijauan. Sedangkan untuk sampah kering dapat dijual ataupun didaur ulang. Dengan adanya program penanggulangan masalah lingkungan seperti sampah tersebut maka tiga daerah binaan Unilever mendapatkan dampak yang cukup baik seperti berkurangnya volume sampah di daerah mereka dan lingkungan sekitar menjadi asri dan hijau. Dari aktifitas tanggung jawab sosial tersebut dapat diketahui pendapat masyarakat yaitumasyarakat tiga kelurahan tersebut yaitu Ketintang, Kebonsari, Pagesangan merasa senang dan merasakan perubahan yang positif terhadap daerah mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jun 2012 09:56
Last Modified: 25 Jun 2012 09:56
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9470

Actions (login required)

View Item View Item