TRANSITIONAL OBJECT ATTACHMENT (STUDI KASUS PADA ORANG DEWASA)

OCVITASARI, LELY (2009) TRANSITIONAL OBJECT ATTACHMENT (STUDI KASUS PADA ORANG DEWASA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
TRANSITIONAL_OBJECT__ATTACHMENT.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Pada sebagian anak-anak diketahui bahwa 60 persen terjadi kelekatan emosional yang tinggi pada benda-benda seperti boneka, selimut, bantal, ibu jari, guling dan lain sebagainya. Benda-benda yang sering digunakan anak untuk menemani disebut sebagai obyek transisi (transition object), dimana kehadiran obyek mempunyai efek penenangan yang unik dikala anak merasa gelisah, terancam dan cemas. Namun sebenarnya pada tahap ini diharapkan kelekatan (attachment) terjadi pada pengasuh utama, ibu atau orangtua. Kelekatan anak terhadap obyek transisi suatu hal yang wajar dan pada suatu titik perkembangan tertentu akan berhenti dengan sendirinya. Namun seringkali pada beberapa anak masih membawa pola kebiasaan berperilaku sampai pada usia yang lebih besar. Dalam penelitian ini ditemukan suatu fenomena perilaku lekat obyek transisi yang masih bertahan hingga dewasa. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui, (1) Faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku lekat obyek transisi yang bertahan hingga dewasa, (2) Dampak perilaku lekat obyek transisi yang bertahan hingga dewasa ditinjau dari segi keuntungan dan kerugian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian dua orang dewasa awal, dengan subyek pertama seorang laki-laki berusia 27 tahun dan subyek kedua seorang perempuan berusia 23 tahun, dimana keduanya masih mempunyai perilaku lekat obyek transisi. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan tes psikologi. Kemudian prosedur penelitian melalui beberapa tahapan, yaitu tahap pra lapangan dan tahap pekerjaan lapangan. Sedangkan analisa data terbagi menjadi tiga bagian, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Dan untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber, metode dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mendasari munculnya perilaku lekat obyek transisi dikarenakan ada rasa kehilangan pengasuh utama sehingga berimbas pada kurangnya pemenuhan kebutuhan oral dan rasa aman. Sedangkan faktor perilaku bertahan dikarenakan ada pembentukan superego yang lemah dari lingkungan subyek, namun terdapat dorongan id yang kuat dalam pemenuhan kebutuhan rasa aman sehingga fungsi ego tetap merealisasikan sebuah simbolisasi perilaku lekat obyek transisi. Kemudian terdapat proses pembentukan perilaku, yaitu proses belajar asosiasi adanya stimulus-respon hasil interaksi dengan lingkungan natural subyek. Selain itu terdapat sistem penguatan (reinforcement) negatif maupun positif dari lingkungan sekitar. Sedangkan dampak yang ditimbulkan beberapa menguntungkan, yaitu memberikan efek membantu untuk lekas tidur, dan membawa efek kenyamanan, aman dan ketenangan. Selain itu juga mengganggu, yaitu menjadi sugesti diri atau ketakutan untuk susah tidur sehingga menjadi ketergantungan terhadap obyek serta kadang perilaku muncul tanpa disadari dan hal ini membuat subyek merasa malu jika ada yang mengetahui. Namun hal ini tidak berpengaruh dalam kegiatan bersosialiasi, subyek masih bisa bergaul dengan wajar karena perilaku lekat tidak muncul di tempat umum. In part children known that 60 percents happen high emotional attachment at objects like doll, blanket, pillow, thumb, rolling and others. Objects that often used child to accompanies called transition object, where object existance have unique soothing effect when child feels nervous, threatened and anxiety. Nevertheless actually at this phase expected attachment happened at main nursemaid, mother or parent. Child attachment to transition object a fair matter and at a point certain growth will stop by itself. Nevertheless often be at some childs still bring habit pattern come up with larger ones age. In this research found a attacment behavior phenomenon transition object that has been stayed till adult. As for research target to know, (1) The attachment behaviour factors of transition object which defensor till adult, (2) The attachment behaviour impact of transition object which defensor till adult are evaluated from advantage and disadvantage facet. This research uses approach qualitative with case study method. Research subject two adults early, with first subject a man 27 years old and second subject a women 23 years old, where its second still has attachment behaviour at transition object. As for data collecting uses method of interview and psychology test. Later, research procedure pass by some steps, that is phase of field pre and phase of field job. Whereas data analysis is divided become three parts, that is reduction data, display data, and conclusion drawing or verification. And to check data validity uses technique of triangulation, that is source triangulation, method and theory. Research result indicates that factor become base to emerge of attachment behaviour at transition object because of existence of feel lose main nursemaid until induce at lack of need accomplishment oral and security. Whereas behavior factor stays because of existence of forming weak superego from subject environment, nevertheless existed motivation strong id in accomplishment of security need until ego function remain to implement a attach behaviour symbolizing transition object. Then existed process of behavior forming, that is association learning process existence of stimulus-respon interaction result with natural environment. In other hand existed reinforcement system negative and also positive from environment. Whereas impact that generated some advantageous, that is give effect helps for fast sleep, and bring freshment effect, safe and calmness. In other hand also bother, that is become itself autosuggestion or fear for sleepless until become dependable to object and sometime behavior emerges unconsciously and this condition makes shame subject if there is someone that know. Nevertheless this condition not has an effect on socialisation activity, subject still can associate with fairly because attach behaviour not emerges on site public.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jun 2012 02:53
Last Modified: 25 Jun 2012 02:53
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9316

Actions (login required)

View Item View Item