PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO (PORTOFOLIO BASED LEARNING) DI SMP NEGERI 13 MALANG PADA MATERI BILANGAN BULAT

Muin, Miftahul (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO (PORTOFOLIO BASED LEARNING) DI SMP NEGERI 13 MALANG PADA MATERI BILANGAN BULAT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_BERBASIS_PORTOFOLIO.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran matematika berbasis portofolio tidak hanya menekankan pada hasil belajar tetapi juga pada proses belajar siswa, sehingga portofolio dapat menggambarkan profil hasil belajar siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor sampai mengintegrasikan pada kecakapan hidup atau life skill. Sehingga dalam penelitian ini, akan diterapkan model pembelajaran matematika berbasis portofolio dalam kegiatan belajar mengajar untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran matematika berbasis portofolio, persepsi siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran matematika berbasis portofolio, persepsi siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran portofolio dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Observasi dengan lembar pedoman pengamatan digunakan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran matematika berbasis portofolio. Persepsi siswa dapat diketahui melalui angket yang diisi oleh siswa. Sedangkan ketuntasan belajar siswa dapat diketahui dari data hasil tes siswa diakhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika berbasis portofolio adalah model pembelajaran yang dikembangkan dari teori belajar konstruktivistik yang lebih menekankan pada aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran. Untuk mengimplementasikan model pembelajaran ini, maka perlu memperhatikan: (1) kegiatan pendahuluan, yang meliputi apersepsi, membangkitkan motivasi belajar siswa; (2) pengorganisasian siswa dalam kelompok kecil pada saat diskusi dan menyelesaikan tugas portofolio; (3) kegiatan inti, meliputi mengidentifikasi masalah, berdiskusi dalam kelompok, membuat dan mempresentasikan hasil portofolionya di depan kelas, dan tanya jawab dalam kelas; (4) penutup, meliputi memberikan review terhadap materi yang telah dibahas, menyamakan konsep siswa terhadap materi yang dipelajari dan menekankan pada materi yang belum dipahami oleh siswa dengan latihan soal. Persepsi siswa terhadap model pembelajaran matematika berbasis portofolio berdasarkan angket menunjukkan bahwa siswa sangat setuju dengan mengawali kegiatan belajar mengajar dengan mengidentifikasi masalah. Model pembelajaran ini juga mampu memunculkan kemampuan siswa dalam bekerjasama, kemampuan menyelesaikan soal secara kelompok, memunculkan keberanian siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengerjakan soal di depan kelas. Menurut siswa dalam pelajaran ini guru lebih mengutamakan aktivitas siswa dan guru sering memberi motivasi siswa. Sedangkan hasil belajar yang diperoleh siswa, menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara individu sebanyak 35 siswa dan siswa yang belum tuntas secara individu sebanyak 5 siswa. Selain itu, data juga menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 87,5%, sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 12,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 23 Jun 2012 08:47
Last Modified: 23 Jun 2012 08:47
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9303

Actions (login required)

View Item View Item