PENGARUH KATALOG HYPERMART TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA DI HYPERMART ( Studi Pada Ibu Rumah Tangga Di Lingkungan RW.1Kel. Jatimulyo Kec Lowokwaru, Malang)

Masrida, Dewi (2007) PENGARUH KATALOG HYPERMART TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA DI HYPERMART ( Studi Pada Ibu Rumah Tangga Di Lingkungan RW.1Kel. Jatimulyo Kec Lowokwaru, Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_KATALOG_HYPERMARTTERHADAP_KEPUTUSAN_BERBELANJA_DI_HYPERMART.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Dalam bidang pemasaran, komunikasi merupakan salah satu kegiatan yang berusaha menyebarluaskan berbagai macam informasi mengenai produk yang dihasilkan dari komunikator (produsen) kepada komunikan (konsumen). Setiap perusahaan harus menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien, dengan cara mengetahui segmentasi pasar, targeting, dan positioning agar tercapai tujuan dari pemasaran tersebut yaitu volume penjualan yang meningkat. Perilaku konsumen sangat penting diketahui oleh pihak produsen atau perusahaan. Perubahan sikap konsumen biasanya dipengaruhi oleh beberapa sumber, diantaranya yaitu pengalaman, kepribadian, dan informasi dari media massa (cetak ataupun elektronik). Setiap perusahaan mempunyai strategi­strategi yang berbeda didalam pemilihan media informasi atau media promosi untuk produk­produk mereka. Umumnya perusahaan retail menggunakan katalog atau brosur untuk menginformasikan produk atau penawaran mereka. Katalog dianggap media yang paling efektif dan efisien, karena melalui katalog konsumen dapat dengan jelas mengetahui tentang produk maupun informasi penawaran lainnya. Hypermart juga menggunakan katalog sebagai media informasi sekaligus media promosi. Berdasarkan fenomena ini, penulis ingin mengetahui pengaruh katalog Hypermart terhadap keputusan berbelanja di Hypermart pada ibu rumah tangga, khususnya ibu rumah tangga RW.1 Kel. Jatimulyo Kec. Lowokwaru, Malang. Dan penulis juga ingin mengetahui jika ada pengaruh, seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, yaitu penelitian yang bertujuan untuk meneliti sejauh mana variasi pada satu faktor berkaitan dengan variasi pada faktor lain. pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket yang telah ditentukan pilihan jawabannya. Serta dianalisa dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification. Pada teori ini yang menjadi permasalahan utama bukanlah bagaimana media memenuhi sikap dan perilaku khalayak, tetapi bagaimana media memenuhi kebutuhan pribadi dan sosial khalayak. Dalam hal ini adalah memberi kesempatan pada khalayak untuk bersikap aktif dalam memilih media untuk pemenuhan kebutuhannya. Hasil dari penelitian ini adalah 67,2% katalog Hypermart mempengaruhi kuputusan berbelanja di Hypermart bagi para ibu rumah tangga Rw. 1 Kel. Jatimulyo Kec. Lowokwaru Malang. Hasil ini dapat terbukti dari besarnya Fhitung > Ftabel (157,523 > 3,98). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Peneliti juga mengemukakan saran pada penelitian ini, yaitu bagi pihak Hypermart untuk dapat menambah quota dari katalog yang dicetak agar lebih banyak lagi masyarakat yang tahu dan memperluas area penyebaran katalog. Sedangkan bagi para ibu rumah tangga harus lebih bijaksana dalam setiap pengambilan keputusan untuk berbelanja dan katalog dapat dijadikan salah satu pertimbangan didalam memutuskan hal itu. Bagi para peneliti lain yang ingin menelitidalam bidang yang sama dapat menambahkan faktor lain seperti faktor lingkungan sosial untuk dikaji lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 23 Jun 2012 07:06
Last Modified: 23 Jun 2012 07:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item