PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK AUTIS DI KELAS G LABORATORIUM AUTISME UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM)

SULISTYOWATI, DIAN (2007) PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK AUTIS DI KELAS G LABORATORIUM AUTISME UNIVERSITAS NEGERI MALANG (UM). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_PADA_ANAK_AUTIS_DI_KELAS_G_LABORATORIUM_AUTISME_UNIVERSITAS_NEGERI_MALANG.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika pada hakekatnya diberikan kepada peserta didik untuk mempertajam penalarannya, serta mengembangkan penilaian yang logis dan sistematis. Pembelajaran matematika adalah proses interaksi antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan dengan matematika sebagai materinya.Sedangkan anak penyandang autisme adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan secara komplek. Rata-rata anak penyandang autisme mengalami gangguan dalam interaksi sosial, perilaku dan komunkasi. Dengan pemberian beberapa terapi yang tepat, mereka dapat menjalani kehidupan yang lebih normal di dalam masyarakat. Salah satunya dengan mengikuti pendidikan di sekolah regular. Pembelajaran matematika bagi anak penyandang autisme di sebuah sekolah khusus bagi mereka merupakan salah satu dari rangkaian upaya membantu mereka untuk dapat hidup lebih normal di dalam masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini dijabarkan dalam rumusan masalah yang di fokuskan pada materi yang diajarkan pada anak autis di kelas G Laboratorium Autisme Universitas Negeri Malang dan metode pembelajaran matematika yang diterapkan di kelas G Laboratorium Autisme Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif des-kriptif, yaitu mengungkapkan dan memberi gambaran tentang fe-nomena dari subyek dan obyek penelitian. Penelitian ini mengungkapkan cara-cara yang digunakan untuk menangani anak penyandang autisme Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang kelas G, materi yang diajarkan di kelas G dan metode pembelajaran matematika di kelas G Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Sekolah Autisme Universitas Negeri Malang pada kelas G dengan jumlah siswa 4 anak. Sumber penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi kelas dan dokumentasi. Dari hasil peneliltian diketahui materi matematika yang diajarkan di kelas G adalah waktu, penjumlahan, pengurangan, mengenal angka/bilangan, konsep uang, mengenal nilai tempat, pemahaman kata sifat dan konsep perkalian. Pada materi yang diajarkan di kelas G Laboratorium Autisme Universitas Negeri Malang terdapat kesamaan dan perbedaannya dengan materi yang diajarkan di SD umum kelas I. Materi yang memiliki kesamaan dengan materi di SD umum kelas I adalah nilai dan tempat, mengenal bilangan, penjumlahan, dan pengurangan. Sedangkan materi yang memiliki perbedaan dengan materi di SD umum kelas I konsep perkalian di bawah 50, pemahaman kata sifat, waktu (jam) dan konsep uang.Pada saat proses pembelajaran berlangsung terdapat pula hambatan dalam terutama pada siswa kelas G. Hambatannya adalah pada konsentrasi, kepatuhan dan pemahaman siswa yang masih kurang. Untuk mengatasi hambatan tersebut, maka dalam metode pembelajaran menggunakan metode pratek. Metode pembelajaran yang digunakan bersifat kon-disional sesuai dengan kondisi anak pada saat proses pembe-lajaran berlangsung. Metode pembelajaran yang digunakan adalah latihan soal, permainan dan praktek. Tetapi pada metode pembelajaran yaitu latihan soal dengan media gambar dan praktek masih kurang diberikan kepada siswa kelas G pada waktu pembelajaran matematika berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 23 Jun 2012 02:49
Last Modified: 23 Jun 2012 02:49
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9152

Actions (login required)

View Item View Item