PENGARUH SEBELUM DAN SESUDAH PEMASANGAN FANDAN VACUUM TUBE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA ASTREA GRAND

MULYONO, ARIF UTOMO (2007) PENGARUH SEBELUM DAN SESUDAH PEMASANGAN FANDAN VACUUM TUBE TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA ASTREA GRAND. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_SEBELUM_DAN_SESUDAH_PEMASANGAN_FANDAN_VACUUM_TUBE_TERHADAP_KONSUMSI_BAHANBAKAR_DAN_EMISI_GAS_BUANG_PADA_SEPEDA_MOTORHONDA_ASTREA_GRAND.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor mau tidak mau memunculkan dua ancaman serius yaitu faktor ekonomi berupa ketersedian bahan bakar minyak yang semakin lama semakin menipis dan faktor lingkungan hidup yaitu polusi yang ditimbulkan oleh pembakaran bahan bakar minyak berupa CO, O2 dan CO2. Jika campuran bahan bakar dan udara didalam silinder mempunyai gerakan berpusar maka setelah dibakar akan membentuk api yang berbentuk spherodial, hal ini mengarah pada efisiensi kerja mesin yang lebih tinggi sehingga kecepatan reaksi pembakaran akan meningkat. Vacuum tube berguna sebagai penampung campuran bahan bakar dan udara sisa-sisa hasil pembakaran yang tidak terbakar, serta sebagai penyuplai bahan bakar dan udara pada saat ruang bakar kekurangan campuran bahan bakar dan udara pada putaran tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah pemasangan fan dan vacuum tube pada intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental nyata untuk mengetahui konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) dan emisi gas buang (CO, O2, CO2). Dari penelitian ini diketahui bahwa pada kondisi intake manifold yang terpasang fan dan vacuum tube, bahan bakar yang dikonsumsi dan kandungan CO, O2 dan CO2 dalam gas buang lebih sedikit dari pada saat kondisi intake manifold yang tidak terpasang fan dan vacuum tube. Hematnya bahan bakar yang dikonsumsi dan sedikitnya kandungan CO, O2 dan CO2 dalam gas buang pada kondisi intake manifold yang terpasang fan dan vacuum tube dikarenakan oleh fan yang memberikan efek berpusar pada campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar serta vacuum tube yang berfungsi sebagai penampung campuran bahan bakar dan udara sisa hasil pembakaran yang tidak terbakar dan sebagai penyuplai bahan dakar dan udara pada saat ruang bakar kekurangan campuran bahan bakar dan udara pada putaran tinggi sehingga proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 22 Jun 2012 03:46
Last Modified: 22 Jun 2012 03:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item View Item