IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C Di KOTA MALANG (Studi Penelitian pada Dinas Pendidikan Kota Malang)

Sampurno, Adwiputro (2007) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C Di KOTA MALANG (Studi Penelitian pada Dinas Pendidikan Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_KEBIJAKAN_PENDIDIKAN_KESETARAAN_PROGRAM_PAKET_C_Di_KOTA_MALANG.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Munculnya Kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan Program Paket C sudah menjadi tuntutan tanggungjawab pada sektor pendidikan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal, berkualitas dan bermanfaat. Berawal sejak tahun 1997, istilah Program Paket C lebih populer dan banyak diminati, hingga pada tahun 2006 sebagian besar pesertanya berasal dari siswa pendidikan formal yang gagal Ujian Nasional. Untuk itu Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Departemen Pendidikan Nasional menyelenggarakan Program Pendidikan Kesetaraan yang meliputi program Paket A, Paket B dan khususnya Paket C. Karena cirinya yang fleksibel, dilakukan 2 periode dalam setahun pada setiap Provinsi, Kabupaten / Kota. Hal ini untuk memenuhi dan memberikan layanan pendidikan serta kebutuhan kepada kelompok masyarakat yang karena berbagai hal tidak dapat menempuh pendidikan menengah pada jalur formal di Kota Malang. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif sehingga bermaksud untuk melukiskan atau memberi gambaran mengenai suatu fenomena atau pokok permasalahan yang timbul di lapangan tanpa mempersoalkan jalinan atau hubungan antar variabel. Sedangkan Teknik analisa data yang dilakukan peneliti menggunakan analisa kualitatif, teknik analisa yang digunakan peneliti berguna sebagai alat untuk menafsirkan dan menginterpretasikan data yang didapat dari wawancara dengan informan dengan tujuan mendeskripsikan bagaimana Implementasi Pendidikan Kesetaraan Program Paket C di Kota Malang. Pada Implementasi Kebijakan Pendidikan Kesetaraan Program Paket C di Kota Malang meliputi mekanisme prosedur pelaksanaan dilapangan dari awal sampai akhir sehingga persepsi masyarakat yang selama ini masih meragukan mutu dan kualitas Ijasah Program Paket C dapat dimengerti dengan memaparkan proses pelaksanaan di lapangan untuk dapat di ketahui sebagaimana mestinya. Dengan demikian, bahwa Ijazah Program Paket C sering dianggap tidak layak karena kualitas nilai tidak menjamin dengan kemampuan seseorang. Padahal untuk era persaingan saat ini yang dibutuhkan utama adalah kemampuan dan skil individu, sedangkan ijazah nomor dua sehingga penjelasan bahwa selama proses pelaksanaan berlangsung dapat membuktikan realitas persepsi yang muncul di kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 22 Jun 2012 02:15
Last Modified: 22 Jun 2012 02:15
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9011

Actions (login required)

View Item View Item