STUDI TENTANG PEMBINAAN AKHLAK SISWA PADA MADRASAH TSANAWIYAH YASPURI MERJOSARI KOTA MALANG

MASYKURI, MASYKURI (2007) STUDI TENTANG PEMBINAAN AKHLAK SISWA PADA MADRASAH TSANAWIYAH YASPURI MERJOSARI KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDI_TENTANG_PEMBINAAN_AKHLAK_SISWAPADA_MADRASAH_TSANAWIYAH_YASPURIMERJOSARI_KOTA_MALANG.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan, maka diperlukan adanya suatu sistem yang sesuai dengan tuntutan pekembangan zaman. Untuk hal tersebut berarti tiap lembaga pendidikan dituntut untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas lembaga pendidikannya. Madrasah tsanawiyah YASPURI adalah salah satu lembaga pendidikan yang berciri khas agama Islam yang beralamat di Desa Merjosari Kec. Lowokwaru Kota Malang, merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berusaha untuk mencetak para alumni yang berkualitas, meski banyak kendala yang harus dihadapi diantaranya yaitu kenakalan para siswanya oleh pengaruh lingkungan sekitar sekolah yang kurang kondusif. Namun, dengan mengadakan kegiatan Pembinaan Akhlak pada siswa yang diberlakukan untuk semua siswa yang sifatnya wajib diikuti. Dapat diharapkan kegiatan ini dapat membekali para lulusan agar ketika mereka terjun dalam kehidupan masyarakat, mereka telah mempunyai bekal budi pekerti yang luhur, adab tata krama kepada setiap makhluk. Untuk menunjang kegiatan tersebut Madrasah tsanawiyah YASPURI membekali para siswanya dengan upaya pembinaan melalui dua pendekatan yaitu pendekatan pembiasaan dan pendekatan keteladanan. Berpijak dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah : Bagaimana bentuk pelaksanaan pembinaan akhlak siswa Madrasah tsanawiyah YASPURI Merjosari Malang. Langkah apa yang telah ditempuh oleh sekolah dalam melakukan pembinaan akhlak siswa. Dan apa kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam melakukan pembinaan akhlak siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk pelaksanaan pembinaan akhlak yang telah dilaksanakan selama ini, langkah apa yang telah mereka laksanakan dalam mensiasati pelaksanaan pembinaan akhlak tersebut dan apakah ada kendala dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Untuk pengumpulan data digunakan beberapa metode yaitu : obsevasi, interview, dan dokumentasi. Setelah semua data yang diperlukan terkumpul, langkah penulis selanjutnya adalah menggunakan analisa data. Dalam penganalisaan digunakan tehnik analisa deskriptif kualitatif dimana peneliti menggambarkan atau melukiskan secara nyata setelah data terkumpul kemudian di analisa di cari jawabannya yang sesuai dengan permasalahan di atas. Adapun hasil dari penelitian didapatkan adanya : 1. bentuk pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui pendekatan : a. pembiasaan yang meliputi pembiasaan terhadap siswa untuk selalu berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar, selalu mengucapkan salam, membiasakan siswa untuk selalu sholat berjama’ah di Masjid, membaca Al­qur’an, aktif dalam perayaan hari besar Islam, menciptakan lingkungan belajar yang islami. b. pendekatan keteladanan disini diutamakan adalah keteladanan yang berada pada lingkungan sekolah yaitu keteladanan guru dan sesama teman. 2. langkah­langkah dalam pembinaan akhlak siswa melalui upaya mengintegrasikan kedalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu : Tadarrus Al­qur’an dan dakwah / pidato. 3. kendala yang dihadapi yaitu : a. faktor intern, meliputi : 1. hubungan denganpendidik atau guru 2. hubungan dengan siswa 3. hubungan dengan alat b. faktor ekstern, meliputi : 1. orang tua siswa 2. lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jun 2012 05:06
Last Modified: 21 Jun 2012 05:06
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8956

Actions (login required)

View Item View Item