PENGARUH FREKUENSI MENYAKSIKAN IKLAN KECANTIKAN PRODUK PEMUTIH DI TELEVISI TERHADAP LOYALITAS PEMAKAIAN PRODUK PEMUTIH POND’S (Studi pada Pemakai Produk Pumutih Pond’s di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2004 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ­UMM)

Setiawati, Luluk (2007) PENGARUH FREKUENSI MENYAKSIKAN IKLAN KECANTIKAN PRODUK PEMUTIH DI TELEVISI TERHADAP LOYALITAS PEMAKAIAN PRODUK PEMUTIH POND’S (Studi pada Pemakai Produk Pumutih Pond’s di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2004 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ­UMM). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_FREKUENSI_MENYAKSIKAN_IKLAN_KECANTIKANPRODUK_PEMUTIH_DI_TELEVISI_TERHADAP_LOYALITASPEMAKAIAN_PRODUK_PEMUTIH_POND.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan fenomena banyaknya produk pemutih yang beredar dipasaran serta makin digemarinya wajah yang tampak putih oleh semua orang khususnya para wanita dan remaja, maka banyak produsen yang mengiklankan produk pemutih mereka melalui televisi. Hal ini dikerenakan televisi (TV) memiliki dampak yang sangat kuat untuk mempengaruhi khalayaknya. Penayangan iklan yang berulang­ulang akan mengakibatkan perubahan pada perilaku khalayaknya terutama sikap dan prilakunya. Dari fenomena itulah, maka peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh frekuensi menyaksikan iklan kecantikan produk pemutih di TV terhadap loyalitas pemakaian produk pemutih Pond’s pada mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2004 Universitas Muhammadiyah Malang. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: adakah pengaruh frekuensi menyaksikan iklan kecantikan pemutih di TV terhadap loyalitas pemakaian produk pemutih Pond’s dan seberapa besar pengaruh frekuensi menyaksikan iklan kecantikan produk pemutih terhadap loyalitas pemakaian produk pemutih Pond’s pada mahasiswa Ilmu Komunikasi 2004 UMM. Penelitian ini menggunakan teori A­T­R yaitu Awarness (kesadaran), Trial (mencoba), Reinforcement (peneguhan sikap) dimana iklan menggugah kesadaran khalayak tentang suatu produk kemudian iklan tersebut mempengaruhi khlayaknya dan yang terakhir iklan itu harus mempunyai kekuatan untuk meneguhkan sikap khalayaknya atau sikap positif pada suatu produk. R disini diajukan untuk peneguhan sikap konsistensi seseorang pada suatu produk. Selain itu peneliti juga menggunakan teori Selective Influence yang terdiri dari empat unsur yaitu Selective Attention (memilih meperhatikan pesan iklan tertentu), Selective Perception (memilih mempersepsi pesan iklan tertentu), Selective Recall (memilih mengingat pesan iklan tertentu), Selective Action (memilih membuat tindakan tertentu). Dalam teori ini khalayak mempunyai cara pandang tersendiri dalam memperhatikan, mempersepsi, mengingat serta melakukan sesuatu sesuai dengan terpaan isi pesan yang diiklankan di TV. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2004 Universitas Muhammadiyah Malang .yang berjumlah 85 orang maka teknik yang digunakan adalah total sampling, instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah angket berstruktur dengan pertanyaan tertutup, data yang diperoleh peneliti selanjutnya dianalisa dengan menggunakan analisis Product Moment dengan perhitungan komputer SPSS. Dari hasil uji Product Moment diketahui bahwa frekuensi menyaksikan iklan kecantikan produk pemutih di TV memiliki pengaruh terhadap loyalitas pemakaian produk pemutih Pond’s, sedangkan dari uji determinasi menunjukkan bahwa frekuensi menyaksikan iklan kecantikan produk pemutih di TV memiliki pengaruh sebesar 53,3% terhadap loyalitas pemakaian produkpemutih Pond’s pada mahasiswa Ilmu Komunikasi 2004 UMM sebesar sedangkan sisanya sebesar 46,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 21 Jun 2012 03:23
Last Modified: 21 Jun 2012 03:23
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8872

Actions (login required)

View Item View Item