PENGARUH TERPAAN IKLAN FREN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FREN

Setiawati, Sri (2007) PENGARUH TERPAAN IKLAN FREN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FREN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_TERPAAN_IKLAN_FREN_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_PRODUK_FREN.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya terpaan iklan Fren yang sering muncul di televisi. Tujuan dari iklan Fren yang dilakukan oleh PT. Mobile­8 adalah untuk mempengaruhi audiensnya dalam melakukan keputusan pembelian produk Fren. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh terpaan iklan Fren terhadap keputusan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang dalam melakukan pembelian produk Fren dan berapa besar pengaruh terpaan iklan Fren terhadap keputusan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang dalam melakukan pembelian produk Fren?”. Sedangkan tujuannya adalah ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh terpaan iklan Fren terhadap keputusan pembelian produk Fren oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang dan berapa besar pengaruh terpaan iklan Fren terhadap keputusan pembelian produk Fren oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA.Teori ini menunjukkan tahapan yang dilalui seseorang sebelum akhirnya mengambil suatu tindakan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory yakni untuk menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesa (Singarimbun, 1989: 4). Sedangkan dasar penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan quisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok (Singarimbun, 1989: 3). Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2004 Universitas Muhammadiyah Malang yang pernah menonton iklan fren dan menggunakan produk Fren berjumlah 83 orang. Penelitian ini menggunakan sampel total dari 83 mahasiswa atau yang disebut juga dengan total sampling. Dengan metode analisis kuantitatif, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana yang sebelumnya dilakukan uji instrumen. Diketahui bahwa thitung nilainya lebih besar dari ttabel (5,429 > 1,67) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel terpaan iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai Fhitung sebesar 29,479 hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (29,479 > 3,96) dengan nilai probabilitasnya lebih kecil dari α = 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga menghasilkan hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti pula bahwa terpaan iklan (X) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk (Y). Nilai R square atau koefisien determinasi adalah 0,267 menunjukkan besar pengaruh variabel bebas(terpaan iklan) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 26,7 %. Sedangkan sisanya 73,3 % adalah faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian mahsiswa jurusan komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang tidzk diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 21 Jun 2012 03:21
Last Modified: 21 Jun 2012 03:21
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8870

Actions (login required)

View Item View Item