RESPONS ANAK TENTANG LAYAR SATWA DI LATIVI (Studi Pada Anak Kelas 4, 5, 6 Sekolah Dasar Negeri Mangunan 02 Blitar)

MAMBA’ UDIN, ELI (2007) RESPONS ANAK TENTANG LAYAR SATWA DI LATIVI (Studi Pada Anak Kelas 4, 5, 6 Sekolah Dasar Negeri Mangunan 02 Blitar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
RESPONS_ANAK_TENTANG_LAYAR_SATWA_DI_LATIVI.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Anak dalam menonton televisi tidak mau kalah dengan pemirsa dewasa, mereka sama­sama memerlukan informasi dan pengetahuan melalui media televisi. Seperti kita ketahui anak dalam menonton televisi lebih senang hiburan daripada pemberitaan diantaranya adalah film karton, binatang maupun acara yang bertema petualangan. Program acara televisi saat ini banyak yang mengandung unsur hiburan daripada pemberitaan diantaranya adalah Lativi yang formula, optimalnya, 60, persen, hiburan, .20, persen, berita, .20, persen, info, komersial. Diantara program acara yang sering di tayangkan di Lativi adalah Layar satwa. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan respon anak tentang layar satwa di Lativi. Penelitian ini merupakan usaha untuk mengetahui respon anak dalam menonton layar satwa di Lativi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yang bertujuan untuk menjelaskan permasalahan secara sistematis, faktual dan akurat, mengenai fakta dan karakteristik populasi sedangkan dasar penelitiannya adalah naturalistik. Sehingga dapat di ketahui alasan anak melihat layar satwa di lativi, penilaian dan pengetahuan anak tentang layar satwa di lativi. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya peneliti menggunakan analisis data domain kemudian data yang sudah terkumpul akan di klasifikasikan kedalam distribusi frekwensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak kelas 4, 5, 6 Sekolah Dasar Negeri Mangunan 02 Blitar mampu merespon acara layar satwa yang ditayangkan di Lativi dan anak mengenal fakta­ fakta kejadian­kejadian dalam kehidupan binatang yang dikenalkan lewat media televisi. Anak dalam melihat layar satwa di lativi ingin mengetahui kehidupan binatang karena menurut anak tayangan layar satwa di lativi adalah bagus, walaupun tayangannya sering di ulang­ulang anak tidak merasa jenuh. Menurut anak layar satwa di lativi tidak menggangu jam belajarnya dan jam tayangnya tidak perlu di rubah. Dalam menonton televisi anak Sekolah Dasar mampu mengamati pemateri yang melakukan eksperimen menjinakkan satwa buas, anak tidak akan meniru eksperimen tersebut. Menurut anak bahasa yang digunakan narator acara layar satwa bagus, tetapi anak masih kesulitan dalam memahami bahasa inggris yang digunakan narator acara layar satwa. Perasaan anak saat menonton layar satwa sedih dan kasihan, perasaan itu muncul apabila melihat satwa yang disenangi di mangsa satwa lain, satwa kanibal dan satwa buas. Anak Sekolah Dasar mampu memahami isi dari layar satwa, apabila kesulitan mereka bertanya orang tua. Sedangkan manfaat anak menonton layar satwa adalah mengetahui kehidupan binatang dan sebagai pendidikan karena acara layar satwa berkaitan dengan pelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 20 Jun 2012 09:05
Last Modified: 20 Jun 2012 09:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item View Item