HUBUNGAN ANTARA NEED FOR EXHIBITION DENGAN INTENSITAS KUNJUNGAN KE KAFE PADA REMAJA

NIKMAH, MAZIDATUN (2009) HUBUNGAN ANTARA NEED FOR EXHIBITION DENGAN INTENSITAS KUNJUNGAN KE KAFE PADA REMAJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN_ANTARA_NEED_FOR_EXHIBITION_DENGAN_INTENSITAS_KUNJUNGAN_KE_KAFE_PADA_REMAJA.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Kelompok usia remaja merupakan salah satu pasar yang potensial bagi para produsen. Remaja biasanya mudah terbujuk rayuan iklan, suka ikut-ikutan teman, tidak realistis, dan cenderung boros dalam menggunakan uang. Bagi remaja dengan ekonomi yang cukup berada, kini mall dan kafe sudah menjadi rumah kedua. Fasilitas kafe yang menunjang, seperti live music, desain interior, serta berbagai hiburan yang menarik dapat dimanfaatkan remaja untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan diri secara bebas. Disana mereka dapat melakukan hal-hal yang membuat orang lain kagum, terpesona, terhibur, dan terpikat, sebab dengan demikian mereka akan memperoleh perhatian. Intensitas kunjungan merupakan tingkat keseringan seseorang untuk mengunjungi atau berkunjung dalam waktu tertentu. Need for exhibition merupakan salah satu faktor pribadi yang dapat mempengaruhi intensitas kunjungan ke kafe pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara need for exhibition dengan intensitas kunjungan ke kafe pada remaja. Dengan menggunakan quota sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah remaja yang pernah datang ke kafe di kota Malang. Adapun sampel penelitian berjumlah 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala need for exhibition dan kuesioner intensitas kunjungan ke kafe. Sedangkan metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment dari Karl Pearson. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara need for exhibition dengan intensitas kunjungan ke kafe pada remaja (r= 0,225: p= 0,024). Hal ini berarti bahwa need for exhibition yang tinggi maka akan diikuti intensitas kunjungan ke kafe yang tinggi, dan bila need for exhibition rendah maka intensitas kunjungan ke kafe akan rendah pula. Need for exhibition memberikan sumbangan efektif terhadap intensitas kunjungan ke kafe sebesar 5,1%, sedangnkan 94,9% dipengaruhi oleh faktor lain. ABSTRAC Adolescent age group is one of the potential markets to all producers. Adolescent usually is easy to be persuaded by advertisement, likes to follow their friend’s habit, unrealistic, and tends to extravagant in using money. Nowadays for wealthy adolescent, cafe and mall have become a second house. Supporting café facilities as a music live, an interior design, and also a various interesting entertainment can be exploited for adolescent to freely actualize and express them self. In those places they can do some activities making others marvel, fascinated, amused, and allured; therefore, they will get attention. Visit intensity is a frequent level of someone to visit or pay a visit during certain times. Need for exhibition is one of the personal factors that can influence visit intensity at café for adolescent. This research represents correlation research that aims to know the relation between need for exhibition and visit intensity to cafe at adolescent. By using quota sampling, adolescent who have ever visited a café in Malang with a sample research amount to 100 people. Data collecting is conducted by using need for exhibition and visit intensity at café questioner scale. Furthermore, this research uses product moment analysis method by Karl Pearson. The results demonstrate that there is a significantly positive relationship between need for exhibition and visit intensity at café for adolescent (r= 0.225; p= 0.024). Meaning that high need for exhibition will be followed by high visit intensity to café, and otherwise. Need for exhibition gives effective contribution to visit intensity at café with 5.1%, yet 94.9% affected by another factor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 20 Jun 2012 07:45
Last Modified: 20 Jun 2012 07:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8786

Actions (login required)

View Item View Item