Hubungan Antara Pemahaman tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan Kinerja Guru di SMPN Se-Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung

TIESTIKA RINI, RATNA (2010) Hubungan Antara Pemahaman tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan Kinerja Guru di SMPN Se-Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Hubungan_Antara_Pemahaman_tentang_Kurikulum_Tingkat_Satuan_Pendidikan.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

KTSP adalah seperangkat rencana sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tercapainya penerapan KTSP yang baik tidak terlepas dari peran guru sebagai motor (penggerak) pendidikan. Guru sebagai ujung tombak pembelajaran bagi siswa, karena di pundak guru keberhasilan pembelajaran dipertaruhkan. Sangatlah penting artinya keterbukaan guru terhadap KTSP yang dapat diwujudkan dalam pemahaman baik tentang konsep KTSP, persiapan pra KBM KTSP, maupun pelaksanaan pembelajaran sesuai KTSP dan evaluasi sesuai KTSP demi terwujudnya tujuan KTSP khususnya dan tujuan pendidikan nasional pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan kinerja guru di SMPN Se Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskripsi Kuantitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2010- Februari 2010 di SMPN Se Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Data dikumpulkan dengan menggunakan Angket dan dokumen. Hasil analisis deskripsi dari penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap penerapan KTSP tinggi/ baik. Sedangkan kinerja guru termasuk kriteria sangat tinggi/ melaksanakan tugas sesuai tanggung jawabnya. Hasil analisis regresi dari penelitian bahwa X1, X2, X3, X4 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap (Y). Secara Parsial X3 tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Y, sedangkan X1,X2,X4 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 21 Mar 2012 14:32
Last Modified: 21 Mar 2012 14:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item