PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Susianti, Asni (2007) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_PEMBELAJARAN_KONTEKSTUAL_PADA_POKOK_BAHASAN_ARITMATIKA_SOSIAL_KELAS_VII.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang diberikan pada setiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga SLTP dan bahkan juga di perguruan tinggi. Sehubungan dengan (KBK) tujuan umum matematika adalah dilaksanakan agar siswa bisa :1) Melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan 2) Mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi,intuisi dan penemuan 3) Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah 4) Mengembangkan kemampuan menyampaikan informasi (Depdiknas, 2003). Namun dilihat dari kenyataan yang ada tujuan pembelajaran matematika di sekolah yang telah ditetapkan dalam KBK (2003) belum seluruhnya terealisasi. Hal ini tampak dari banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa tersebut, menggunakan pendekatan pembelajaran yang memudahkan siswa memahami materi pelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang telah dikembangkan adalah pembelajaran kontekstual (Contextual teaching and learning/CTL). Kontekstual merupakan konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan menerapkanya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat (Nurhadi,2003: 4). Tujuh komponen kontekstual yaitu: Konstruktifisme, Questioning/bertanya, inqury/menemukan, Learnig Community, modeling/pemodelan, reflection/pengulangan, penilaian yang sebenarnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif Jenis dan data yang dikumpulkan bersifat deskriftif. Data yang akan diambil dalam penelitian ini adalah data hasil observasi akt ivitas siswa dan guru, data hasil tes siswa dan data hasil respon siswa. Untuk tekhnik pengumpulan data, penelitian menggunakan tes, obsevasi dan wawancara. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa model pembelajaran kontekstual pada pokok bahasan Aritmatika Sosial dikelas VII-A sangat baik. Dari katagori trsebut diperoleh dari data aktivitas siswa sebesar 98,96%, data aktivitas guru sebesar 100%, ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 85,18% dan respon siswa terhadap model pembelajaran kontekstual baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 20 Jun 2012 03:28
Last Modified: 20 Jun 2012 03:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8665

Actions (login required)

View Item View Item