STUDY TENTANG KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DIKELAS VII MTsN KEPANJEN

TAHMIDAH, TAHMIDAH (2007) STUDY TENTANG KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DIKELAS VII MTsN KEPANJEN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDY_TENTANG_KEMAMPUAN_PENALARAN_SISWA_DALAM_MENYELESAIKAN_SOAL_CERITA_DIKELAS_VII_MTsN_KEPANJEN.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, baik aspek terapan maupun aspek penalaran, mempunyai peran penting dalam upaya penguasaan ilmu tehnologi. Pengembangan kemampuan penalaran akan membantu siswa meningkatkan kemampuan dalam matematika. Siswa akan merasa kesulitan belajar matematika tanpa adanya penalaran kerena matematika merupakan konsep abstrak. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana tingkat penalaran siswa dalam menyelesaikan soal cerita dikelas VII MTsN Kepanjen. Dimana kemampuan penalaran itu terdiri dari aspek mengubah ke dalam kalimat matematika, menemukan rumus dan mendapatkan penyelesaian. Populasi dalam penelitian ii adalah siswa MTs N Kepanjen yang berjumlah 155 orang. Sedang sample diambil menggunakan teknik random sampling yaitu kelas VIIA dan VIIB dengan siswa yang berjumlah 73 orang. Alat ukur yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 10 soal dan semuanya berbentuk soal cerita. Sedangkan teknik analisis data menggunakan prosentase. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal cerita dikelas VII MTs N termasuk dalam criteria baik dengan prosentase 53,42 %. Dalam penelitian ini penulis hanya meneliti tentang tingkat kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal cerita dikelas VII MTs N Kepanjen, tampa membahas factor-faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu diharapkan bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut agar mengadakan penelitian tentang factor-faktor yang mempengarui tingkat kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Sedang bagi guru agar dalam memberikan soal hendaknya lebih berkualifikasi dan dapat menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 20 Jun 2012 02:24
Last Modified: 20 Jun 2012 02:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8616

Actions (login required)

View Item View Item