POLA ASUH ANAK DI PESANTREN ANAK-ANAK MINHAJUT THULLAB KRIKILAN­ BANYUWANGI

LAILI, NASYI’ATUL (2007) POLA ASUH ANAK DI PESANTREN ANAK-ANAK MINHAJUT THULLAB KRIKILAN­ BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
POLA_ASUH_ANAKDI_PESANTREN_ANAK.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Anak merupakan bagian terpenting dari seluruh proses pertumbuhan manusia, karena pada masa anak­anak karakter seseorang dibentuk. Berkualitas atau tidaknya seseorang di masa dewasa sangat dipengaruhi oleh proses pengasuhan dan pendidikan yang diterima pada masa kanak­ kanaknya. Anak merupakan bagian dari keluarga yang tidak terlepas dari pembinaan dan pendidikan orang tua, sekolah dan lingkungan. Adanya pembinaan dan pendidikan terhadap anak sebagai upaya untuk membentuk kreativitas anak baik melalui keilmuan dan ketrampilan. Oleh karena itu, ketiga faktor tersebut yakni, orang tua, sekolah dan lingkungan harus saling berkaitan Penelitian ini mengkaji tentang pola asuh anak usia 6­12 tahun, adapun rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana pola asuh di Pesantren Anak­anak Minhajut Thullab Krikilan­ Banyuwangi? (2) Kendala­kendala apa saja yang dihadapi pengasuh dan para pengurus pesantren dalam proses mengasuh para santri di Pesantren Anak­anak Minhajut Thullab Krikilan­ Banyuwangi? Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui pola asuh di Pesantren Anak­anak Minhajut Thullab Krikilan­Banyuwangi (2) Untuk mengetahui kendala­kendala yang dihadapi pengasuh dan para pengurus pesantren dalam proses mengasuh para santri di Pesantren Anak­anak Minhajut Thullab Krikilan­Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, yaitu pengasuh dan para pengurus pesantren. Sedangkan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Hasil penelitian dari skripsi ini, bahwasanya pola asuh di Pesantren Anak­anak Minhajut Thullab adalah pola asuh otoriter. Adapun kendala­kendala yang dihadapi oleh pengurus pesantren dalam proses pengasuhan adalah mengendalikan diri dan dituntut untuk selalu siap setiap waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jun 2012 06:02
Last Modified: 19 Jun 2012 06:02
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8522

Actions (login required)

View Item View Item