STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA JASA KERETA API KOMUTER (Studi pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional 8 Surabaya)

Kusuma Ningrum, Diah (2007) STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA JASA KERETA API KOMUTER (Studi pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional 8 Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STRATEGI_HUMAS_DALAM_MENINGKATKANJUMLAH_PENGGUNA_JASA_KERETA_API_KOMUTER.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan bertambahnya penduduk yang tinggal di luar kota Surabaya tetapi mempunyai kegiatan di kota Surabaya menyebabkan terjadinya mobilitas penduduk yang sangat padat pada jam sibuk setiap hari. Dalam upaya mengurangi polusi dan kemacetan yang semakin tinggi serta mengurangi berat beban jalan raya, PT Kereta Api Indonesia (PT. KAI) mengoperasikan kereta api ulang­alik atau yang biasa disebut dengan kereta api komuter jurusan Surabaya­ Sidoarjo­ Porong sebagai alternatif pilihan bagi masyarakat. Diluncurkannya kereta api komuter oleh PT. Kereta Api Indonesia membuat humas harus mempunyai strategi tersendiri untuk menarik minat dan meningkatkan jumlah pengguna jasa kereta api komuter. Adanya humas dalam sebuah perusahaan membuat proses komunikasi untuk membangun hubungan dengan pihak lain dapat terarah, terencana dan dilaksanakan secara berkesinambungan agar tercipta saling pengertian, pemahaman, minat dan dukungan yang nantinya akan menentukan keberhasilan perusahaan. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana strategi humas dalam meningkatkan jumlah pengguna jasa kereta api komuter jurusan Surabaya­ Sidoarjo­Porong?”. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas dalam meningkatkan jumlah pengguna jasa kereta api komuter jurusan Surabaya­ Sidoarjo­ Porong. Dalam penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka tentang pengertian hubungan masyarakat (humas) atau Public Relations (PR), dan strategi humas. Menurut Ahmad S. Adnanputra, Strategi Public Relations adalah alternatif optimal yang dipilih untuk ditempuh guna mencapai tujuan public relations dalam kerangka suatu rencana public relations (public relations plan) (Ruslan, 2005:124). Konsep strategi yang digunakan adalah strategi proaktif dimana isu masih laten namun potensial menjadi isu sentral. Tipe dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dasar penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Penetapan sumber informasi penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan teknik purposive sampling maka diperoleh 5 informan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara terstruktur, observasi terus terang dan dokumenter. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis domain. Teknik keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian strategi humas dalam meningkatkan jumlah jumlah pengguna jasa kereta api komuter adalah humas PT. KAI (Persero) Daop 8 menerapkan metode strategi yang berpedoman pada delapan pedoman strategi yaitu WTC (Waktu, Tempat, dan Cara) dan R2ODR (Respons, Relevan, On Call, Detail, Relations) dimana pedoman tersebut mengacu pada strategi reaktif. Dengan penerapan metode strategi humas, target dari peningkatan jumlah pengguna jasa kereta api komuter sempat mengalami kenaikan yang signifikan, meskipun data pada tahun 2006 mengalami penurunan tetapi pada kenyataannya tidak ada mengalami penurunan. Namun, penurunan jumlah pengguna jasa kereta api komuter bukan disebabkan darimetode yang digunakan, akan tetapi disebabkan oleh faktor lain yaitu kurangnya mutu SDM dari pegawai PT. KAI sendiri maupun pengguna jasa. Perumusan strategi humas dibuat oleh humas sendiri berdasarkan kebutuhan dari apa yang diminta oleh para pengguna jasa, dengan kata lain humas PT. KAI tidak bekerjasama dengan seksi lain. Dari penelitian ini disarankan kepada PT. KAI (Persero) Daop 8 hendaknya menggunakan strategi proaktif bukan menggunakan strategi reaktif dimana humas harus menjemput bola untuk meningkatkan jumlah pengguna jasanya bukan bertindak setelah mendapat keluhan atau pengaduan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jun 2012 04:47
Last Modified: 19 Jun 2012 04:47
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8511

Actions (login required)

View Item View Item