PENERAPAN TEKNIK PROBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I JATIROGO

Kurniawati, Khalim (2007) PENERAPAN TEKNIK PROBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I JATIROGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_TEKNIK_PROBING_PADA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_UNTUK_MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_SISWA_KELAS_VIII_SMP_NEGERI_I_JATIROGO.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik probing, (2) mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan teknik probing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar secara konvensional, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan teknik probing pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu dengan adanya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampelnya adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B adalah sebagai kelas kontrol. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data-data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil pre-tes dan pos-tes dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru pada kelas eksperimen, dan hasil angket respon siswa pada kelas eksperimen. Teknik analisis datanya menggunakan uji kolmogorov-smirnov, anova, uji-t dan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Penerapan teknik probing pada pembelajaran matematika dari hasil pengamatan aktivitas guru sebesar 76,67% dalam kategori baik sedangkan prosentase aktivitas siswa sebesar 66,35% dalam kategori cukup baik (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan teknik probing lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar secara konvensional (3) Terdapat 78,66% siswa memberikan respon poisitif pada pembelajaran matematika dengan menggunakan teknik probing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jun 2012 04:05
Last Modified: 19 Jun 2012 04:05
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8501

Actions (login required)

View Item View Item