PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TRANSPARANSI DAN MEDIA ASLI PADA SISTEM REPRODUKSI TUMBUHAN TERHADAP PRESTASI, AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMUN 1 PAKONG PAMEKASAN MADURA

Ummi Wahyuningsih, Desi (2007) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TRANSPARANSI DAN MEDIA ASLI PADA SISTEM REPRODUKSI TUMBUHAN TERHADAP PRESTASI, AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMUN 1 PAKONG PAMEKASAN MADURA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENGGUNAAN_MEDIA_TRANSPARANSI_DAN_MEDIA_ASLI_PADA_SISTEM_REPRODUKSI_TUMBUHAN_TERHADAP_PRESTASI.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui pengaruh penggunaan media asli dan media transparansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Pakong (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media asli dan media transparansi terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMAN 1 Pakong. (3). Mengetahui pengaruh penggunaan media asli dan media transparansi terhadap motivasi siswa kelas XI SMAN 1 Pakong pada system reproduksi tumbuhan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tru experimental atau biasa disebut eksperimental sesungguhnya. Rancangan penelitian ini menggunakan The Pretest-Posttest Control Group Desiegn yaitu Pertama-tama dilakukan pengukuran, lalu dikenakan perlakuan untuk jangka waktu tertentu kemudian dilakukan untuk pengukuran untuk kedua kalinya. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI SMAN 1 Pakong dengan jumlah 58 siswa. Penelitian ini di laksanakan pada tanggal 2 april sampai tanggal 20 April 2007 di SMAN 1 Pakong. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif statistik untuk analisis aktivitas siswa sedangkan analisis prestasi dan motivasi belajar siswa menggunakan statistik uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media asli dan media transparansi mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Pakong yaitu dapat dilihat pada perbedaan t hitung>t tabel (t 2,8>t 2,00), selain itu penggunaan media asli dan media transparansi juga berpengaruh baik terhadap aktivitas serta motivasi siswa dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jun 2012 02:44
Last Modified: 19 Jun 2012 02:44
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8432

Actions (login required)

View Item View Item