SISTEM PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL (Studi Kasus di SMP Ar­ Rohmah Pondok Pesantren Hidayatullah Malang)

WAHYUDI, AGUS (2007) SISTEM PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL (Studi Kasus di SMP Ar­ Rohmah Pondok Pesantren Hidayatullah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
SISTEM_PEMBELAJARAN_BOARDING_SCHOOL.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Krisis moral yang terjadi pada bangsa Indonesia adalah bagian permasalahan yang hams dicarikan solusi. Hal ini diketahui baik melalui media masa, media elektronik bahkan kita dapat langsung melihat perilaku penyimpangan pada pelajar. Baik anak yang berani kepada ke dua orang tua, penggunaan obat­obatan terlarang, tawuran antar pelajar dan lain sebagainya. Oleh sebab itu sebagaian orang tua ingin memasukan anaknya pada lembaga pendidikan yang secara intens untuk agama tetapi juga tak kalah bersaing dengan prestasi akademis. Disinilah pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk itu semua, salah satunya model yang pendidikan yang menerapkan sistem pembelajaran boarding school. Sistem pembelajaran boarding merupakan sistem pembelajaran siswanya tinggal berasrama dengan aktifitas yang padat. Sistem pembelajaran boarding selalu dalam pengawasan pihak sekolah 24 jam sehinggajadwal belajar dapat optimal. Penelitian ini bermaksud untuk membahas sistem pembelajaran Boarding School di SMP Ar­ Rohmah Pondok Pesantren Hidayatullah. Agar penelitian ini lebih berfokus, maka peneliti merumuskan pada dua rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana sistem pembelajaran boarding School di SMP Ar­Rohmah Pondok Pesantem Hidayatullah 2) Bagaimana efektifitas sistem pembelajaran boarding school di SMP Ar­Rohmah Podok Pesantren Hidayatullah. Jenis dan pendekatan Penelitian adalah kualitatif. Untuk memperoleh data atau berita yang mendukung penelitian ini cara yang digunakan adalah melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi yang berhubungan penelitian ini. Setelah data yang diperlukan terkumpul, maka selanjutnya data dianalisis dengan penelahaan, pengelompokan, sistemasi, penafsiran, verifikasi dan memberikan gambaran atau kesimpulan yangjelas tentang permasalahan dari obyek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pembelajaran boarding school dalam penerapan sangat membantu dan efektif dalam membentuk mental, spiritual, akademik, psikomotorik dan keterampilan siswa. Oleh karenah itu dalam pelaksanaan didukung oleh kurikulum yang telah disesuaikan dengan psikologis siswa, guru yang professional dalam menjalankan fungsinya sebagai tenaga pengajar, santri yang telah melewati tes yang ketat, sarana dan prasarana yang lengkap. Sistem pembelajaran ini diharafkan siswa dapat terkontrol selama pendidikan dengan suasana yang kondusif dan islami, sehingga akan mewamai kehidupan mereka menjadi siswa yang bermoral dan juga mampuni dalam ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 18 Jun 2012 07:46
Last Modified: 18 Jun 2012 07:46
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8384

Actions (login required)

View Item View Item